Apakah Ibu Hamil Boleh Bersepeda? Perhatikan Hal Ini!

Hamil bukanlah menjadi alasan bagi seorang wanita atau ibu hamil untuk tidak berolahraga. Salah satu kegiatan yang optimal yang bisa dilakukan ialah dengan bersepeda.

Lupakanlah segala macam ketakutan bersepeda saat hamil, karena tentunya mempunyai manfaat yang baik dan sehat bagi kesehatan. Salah satu hal yang membuat wanita atau ibu hamil tidak bersepeda adalah karena banyaknya saran dari masyarakat agar mengurangi dan bahkan tidak melakukan hal tersebut.

Karenanya, olahraga memang bagus karena bisa membantu tubuh tetap aktif dan bisa melancarkan aliran darah ibu hamil ke seluruh tubuh. Hal ini juga bisa mendukung adanya ketersediaan oksigen dan nutrisi untuk janin.

Lantas, apa saja olahraga yang diperbolehkan? Apakah ibu hamil boleh bersepeda dan aman untuk dilakukan?

Apakah Ibu Hamil Boleh Bersepeda?

Apakah Ibu Hamil Boleh Bersepeda?
Ibu Hamil Bersepeda, via bicycling.com

Untuk Anda yang gemar bersepeda saat hamil, tentunya itu bukan menjadi suatu masalah yang signifikan. Bahkan, menurut dari American Congress of Obstetricians and Gynecologists pun mengungkap jika bersepeda saat hamil aman untuk dilakukan.

Akan tetapi, mungkin hal ini berbeda untuk Anda yang tidak terbiasa menaiki sepeda. Bersepeda mungkin bukan menjadi olahraga yang aman dilakukan oleh Anda saat sedang hamil.

Beberapa resiko bisa terjadi. Salah satunya resiko terjatuh saat bersepeda yang mungkin terjadi dan bisa melukai bayi Anda. Tentu, hal ini akan sangat membahayakan.

Kemampuan seseorang dalam bersepeda mungkin berbeda-beda. Apabila Anda yakin Anda masih bisa bersepeda saat hamil tanpa harus terjatuh, mungkin bersepeda menjadi olahraga yang aman bagi Anda. Akan tetapi, Anda mungkin perlu adaptasi lebih, seiring dengan perkembangan perut yang kian membesar, walau memang Anda sebelumnya sudah terbiasa bersepeda.

Perlu Anda ketahui jika saat perut Anda kian membesar, maka pusat gravitasi tubuh jika akan bergeser. Sehingga, Anda mungkin akan mudah kehilangan keseimbangan dan bisa saja terjatuh. Perut yang besar juga membuat Anda kesulitan dalam menggerakkan stang sepeda.

Sementara itu, apabila Anda ragu, alangkah baiknya hal ini jangan dilakukan. Anda bisa melakukan beberapa olahraga lain yang lebih aman dan lebih menyehatkan, contohnya jalan kaki.

Hal ini tergantung dari bagaimana pilihan Anda sendiri. Anda tentu lebih mengenali batas kemampuan dari diri Anda sendiri.

Olahraga yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Senam bagi Ibu Hamil
Senam bagi Ibu Hamil, via welcometoibiza.com

NHS menyebutkan jika bersepeda tak diperkenankan saat hamil. Bahkan, website NHS berisi daftar olahraga yang perlu dihindari oleh ibu hamil, termasuk :
  • Bersepeda
  • Berkuda
  • Senam
  • Ski

Mengapa NHS melarang olahraga di atas? Alasannya karena semua aktivitas atau kegiatan di atas beresiko untuk jatuh.

Sementara itu, ada saran yang lebih masuk akal dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG) yang mengungkap jika bersepeda menjadi latihan rekreasi dan kehamilan.

Naik sepeda memang masih terdaftar bersama dengan olahraga lain seperti berkuda, senam dan ski. Akan tetapi, RCOG tidak melarang tegas olahraga bersepeda, namun menyarankan agar latihan tersebut dilakukan dengan membutuhkan perhatian khusus.

Resiko Ibu Hamil yang Bersepeda

Resiko Ibu Hamil yang Bersepeda
Preeklampsia, via hellosehat.com

Resiko utama bersepeda di kala hamil ialah terjatuh dan bisa melukai janin. Tidak hanya itu saja, suhu yang terlampau panas bisa menyebabkan terjadinya kelainan pada bayi pada trimester pertama.

Untuk menghindari kepanasan yang terjadi pada trimester pertama, maka disarankan untuk menggunakan cooler gear, menjaga hidrasi dan menghindari bersepeda saat cuaca atau hari sedang panas.

Salah satu kondisi yang mungkin dialami oleh ibu hamil saat bersepeda ialah meningkatnya resiko preeklampsia. Gejala ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar protein yang ada dalam urine.

Kondisi tersebut selanjutnya berkembang menjadi eklampsia, dengan konsekuensi yang mampu mengancam hidup untuk Ibu dan bayi. Akan tetapi, resikonya masih tetap kecil.

Baca juga :

Tips Aman Bersepeda saat Hamil

Tips Aman Bersepeda saat Hamil
Tips Aman Bersepeda saat Hamil, via totalwomenscycling.com

Jika Anda memutuskan untuk tetap bersepeda, alangkah baiknya untuk senantiasa memperhatikan faktor keamanan di saat bersepeda, seperti :
  • Memilih jalan yang mulus dan tidak bergelombang
  • Mengayuh sepeda dengan perlahan dan tidak kasar
  • Tidak bersepeda di jalanan yang basah dan licin
  • Buatlah sepeda Anda senyaman mungkin dengan menyesuaikan stang dan jok sepeda Anda. Karena, perut yang kian membesar dan berat badan yang kian bertambah, mengharuskan Anda menata jok yang lebih nyaman.
  • Bawalah air minum untuk mengantisipasi bila Anda merasa haus saat sedang berada di jalan.
  • Jika di tengah jalan Anda lelah dan tak mampu lagi, alangkah baiknya berhenti, turun dan berjalan. Jangan pernah memaksakan diri Anda.
  • Bersepeda ditemani dengan suami atau teman, sehingga mereka bisa menjaga diri Anda. Apabila ada suatu hal yang terjadi pada diri Anda, mereka juga bisa langsung memberi bantuan.
  • Untuk lebih baik lagi, alangkah baiknya konsultasikan kepada dokter apakah kondisi kehamilan Anda memungkinkan untuk bersepeda dan olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Ibu Hamil Boleh Bersepeda? Perhatikan Hal Ini!"

Posting Komentar