(Ulasan Lengkap) 60 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Air putih memang mempunyai begitu banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya, untuk mengatur suhu tubuh, melindungi organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh, hingga melarutkan zat gizi ke berbagai bagian tubuh.

Kita memang seringkali mendengar anjuran minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter dalam sehari. Dengan haus, menjadi sinyal alami tubuh yang membutuhkan cairan.

Sementara itu, dianjurkan bagi kira untuk meminum air putih, tanpa harus menunggu rasa haus dan meminumnya secara berkala. Waktu yang lain yang tepat ialah sebelum, selama dan sesudah melakukan kegiatan.

Misal, saat belajar di sekolah, tentunya belajar tersebut membutuhkan konsentrasi super tinggi untuk menyerap materi pelajaran yang ada.

Apabila kita kekurangan cairan atau yang biasa disebut dengan dehidrasi, bisa menyebabkan konsentrasi menjadi menurun, yang alhasil membuat pelajaran tak bisa terserap ke dalam otak dengan baik.

Maka dari itu, kita simak berbagai macam manfaat istimewa dan mengesankan tentang manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh, daripada harus meminum minuman lain yang tak sehat.

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh, via videezy.com

Manfaat Minum Air Putih bagi Ibu Hamil

Manfaat Minum Air Putih bagi Ibu Hamil
Manfaat Minum Air Putih bagi Ibu Hamil, via momtricks.com

1. Membantu Menyerap Nutrisi dari Makanan yang Dikonsumsi

Nutrisi ibu hamil yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, sangat penting untuk terpenuhi setiap harinya. Tak hanya bagi ibu hamil saja, sangat penting pula untuk janin yang sedang dikandungnya.

Dengan demikian, nutrisi makanan yang masuk tersebut harus betul terserap dengan baik oleh sistem pencernaan. Maka, dengan meminum air putih yang cukup, ternyata bisa membantu proses penyerapan nutrisi dengan lebih baik lagi.

Air putih mampu membantu proses penyerapan nutrisi makanan yang ada di dalam tubuh, terutama penyerapan dari glukosa untuk meningkatkan energi atau tenaga, yang mana bisa diolah dan digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, air putih juga mempunyai peranan yang amat penting untuk membawa nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan janin melalui darah.

2. Mencegah Timbulnya Stretch Mark

Stretch mark menjadi salah satu masalah kulit yang wajar terjadi karena tubuh kekurangan akan nutrisi dan tak terhidrasi dengan baik, yang mana sebagai salah satu wujud akibat dari ukuran peningkatan kandungan.

Maka dari itu, dengan meminum air putih, ternyata bisa membantu tubuh dalam mencegah terjadinya stretch mark yang terdapat di kulit dan bisa membuat kulit lebih elastis dan lembut.

3. Menjaga Janin di dalam Rahim Tetap Sehat

Di dalam rahim, terdapat kantung membran yang di dalamnya tersebut berisi air ketuban. Air ketuban mempunyai warna bening dan ada juga yang memiliki warna kekuningan.

Air ketuban tersebut memiliki banyak fungsi, yang mana salah satunya untuk melindungi kesehatan bayi dari berbagai bentuk benturan yang terjadi atau dialami.

Agar volume air ketuban tersebut tetap berada dalam kondisi yang normal, di mana tidak kurang ataupun juga tidak lebih, maka ibu hamil wajib mengonsumsi cairan seperti yang dianjurkan.

4. Mencegah Terjadinya Persalinan Prematur

Memang benar ada beberapa macam penyebab terjadinya persalinan prematur, salah satu penyebabnya dikarenakan cairan yang kurang di dalam tubuh, atau biasa disebut dengan dehidrasi.

Dehidrasi yang terjadi, terutama saat terjadi di trimester ketiga kehamilan, ternyata mampu memicu terjadinya kontraksi. Alhasil, persalinan tersebut bisa datang lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

5. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Pada umumnya, suhu wanita tentu akan mengalami kenaikan suhu pada saat awal kehamilan. Kondisi yang biasa terjadi ini akibat dari kinerja hormon kehamilan.

Ketidakseimbangan suhu tubuh bisa menyebabkan ibu hamil mudah dalam mengalami berbagai macam kelelahan dan mengalami konstipasi.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya untuk meminum lebih banyak air putih, daripada harus dengan meminum minuman yang lain seperti halnya kopi, teh, atau malah bahkan soda.

Air putih lebih gampang diserap oleh tubuh, sehingga bisa mempermudah dalam membantu menyeimbangkan suhu tubuh yang kurang stabil, saat masa kehamilan yang tengah berlangsung.

6. Membantu Proses Produksi ASI

Selama periode laktasi (pasca melahirkan) berlangsung, maka kebutuhan akan air menjadi meningkat, yang diharuskan untuk memenuhi tuntutan produksi ASI dan keringat yang berlebih.

Wanita butuh air minum tambahan hingga sebanyak 700 ml air selama menyusui, kurang lebih sebanyak 3,5 liter sampai 4 liter per harinya, untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Perlu diketahui jika ASI ternyata mengandung sebanyak 87% air, sehingga akan sangat penting meminum air putih selama masa menyusui tersebut berlangsung.

7. Mencegah Morning Sickness

Apa itu morning sickness? Morning sickness adalah gejala yang muncul seperti mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil, biasanya terjadi di pagi hari. Gejala ini memang normal dan dialami oleh siapa saja yang sedang hamil.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya gejala morning sickness tak timbul terus-menerus, direkomendasikan untuk meminum air putih dengan teratur, setiap hari, yang mana menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.


Manfaat Minum Air Putih bagi Otak

Manfaat Minum Air Putih bagi Otak

8. Otak Bekerja Lebih Cepat

Untuk bisa bekerja dengan cepat, tentu otak membutuhkan suaru cairan. Sel-sel yang ada di organ tersebut butuh keseimbangan yang tepat, antara air dan berbagai macam elemen yang lain.

Salah satu cara termudah ialah dengan cara meminum air putih setelah bangun tidur. Hal ini bisa menjadi waktu di mana sel otak membutuhkan cairan yang hanya bisa didapatkan dari air.

Tidak hanya itu saja, untuk bisa membuat otak bekerja lebih optimal lagi, tak lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar di pagi hari.

9. Menyeimbangkan Mood dan Emosi

Dengan meminum air putih bisa membuat diri kita lebih rileks. Emosi juga jauh lebih tenang dengan cara banyak meminum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Hal ini karena suhu yang ada di otak akan meningkat dan bisa menyingkirkan berbagai macam racun dan sel-sel mati. Ini juga bisa membuat proses kimiawi yang mampu menyalakan kembali mental.

10. Daya Ingat yang Kian Membaik

Di saat tubuh dehidrasi, tentu akan terjadi ketidakseimbangan yang ada di tubuh, sehingga pada akhirnya bisa menyebabkan terjadi disfungsi. Salah satunya dengan ketangkasan kognitif yang berkurang.

Dengan demikian, kita lebih sulit untuk mengingat suatu hal. Maka dari itu, paling tidak meminum sebanyak 8 gelas atau 2 liter sehari, sehingga bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

11. Rasa Kantuk Menjadi Hilang

Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah bisa menghilangkan mengantuk yang menyebalkan, terlebih saat kita sedang melakukan berbagai aktivitas penting, seperti bekerja, sekolah, bahkan mengejar deadline.

Saat tubuh kita mengantuk, itu menjadi pertanda jika diri kita terlalu lelah, kekurangan oksigen di dalam otak juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa kantuk.

Dibandingkan Anda harus meminum kopi atau teh, alangkah baiknya untuk meminum air putih saja, sehingga otak bisa lebih segar dan Anda bisa melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari Anda.

12. Membantu Mengobati Sakit Kepala

Tidak perlu mengonsumsi obat, sakit kepala yang terjadi biasanya disebabkan karena cairan yang berkurang di dalam otak.

Maka dari itu, lebih baik untuk meminum air dalam jumlah yang cukup, yang mana mampu mengurangi terjadinya rasa sakit dan bisa mengurangi jumlah intensitas sakit kepala yang terjadi.

13. Konsentrasi Kian Meningkat

Kadang, orang sama sekali tidak memperhatikan tanda-tanda munculnya dehidrasi. Sementara itu, dehidrasi ciri-cirinya ialah sulit dalam berkonsentrasi. Apabila dehidrasi, otak yang bisa merasakan dampak yang pertama kalinya.

Walau memang benar beberapa minuman seperti teh atau kopi bisa membantu, namun ternyata minuman manis semacam hal tersebut tak direkomendasikan untuk mengatasi dehidrasi tersebut.

Lebih baiknya, biasakan dengan waktu yang teratur, meminum segelas air putih dalam jangka waktu tertentu. Dengan melakukan hal tersebut, mampu meningkatkan konsentrasi di saat konsentrasi mulai menurun.


Manfaat Minum Air Putih bagi Rambut

Manfaat Minum Air Putih untuk Rambut
Manfaat Minum Air Putih untuk Rambut, via mybeautygym.com

14. Membantu Melembabkan Rambut

Dengan banyak meminum air putih, rambut menjadi lebih lembab, halus dan lembut. Bahkan, saat kekurangan minum air putih, rambut menjadi kasar dan rapuh, hingga pada akhirnya membuat rambut menjadi mudah rusak.

Sama halnya dengan kulit yang membutuhkan kelembaban, rambut juga membutuhkan kelembaban yang cukup.

Ssemakin banyak meminum air putih, maka rambut kian halus, lembut dan kelembaban rambut tetap terjaga dengan optimal. Tentu, rambut yang indah pasti selalu diimpikan oleh siapa saja.

15. Membantu Menyegarkan Kulit Kepala

Air putih bisa menyegarkan kulit kepala, sehingga rambut menjadi jauh lebih bersih dan tentunya lebih halus. Tak hanya itu saja, ternyata air putih juga bisa membuat rambut terasa lembut.

Kepala yang segar bisa mengurangi rasa jenuh dan penat, sehingga bisa membuat hari-hari Anda lebih bersemangat untuk menjalankan berbagai macam aktivitas atau kegiatan.

16. Membantu Pertumbuhan Rambut yang Sehat

Dengan rajin dan banyak meminum air putih, maka rambut akan lebih sehat dan kuat. Rontok dan kerusakan pada rambut kian berkurang.

Maka dari itu, pastikan Anda untuk senantiasa minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk menyehatkan tubuh dan tentunya rambut.

17. Rambut Semakin Sehat

Manfaat air putih untuk kesehatan yang berikutnya juga penting untuk mencegah rambut terkena beragam masalah rambut, seperti kulit yang mengelupas secara berlebih, hingga kulit kepala yang mati.

Tidak hanya di situ saja, berbagai macam masalah rambut lainnya juga bisa teratasi. Kian sehat rambut, maka tak akan terjadi kulit kepala menjadi mengering dan mengelupas.

18. Rambut Lebih Berkilau

Suhu dingin yang dihasilkan oleh air putih ternyata bisa membuat kutikula rambut bekerja dengan lebih optimal, sehingga setiap helai rambut menjadi lebih halus dan reflektif.

Hal ini juga bisa mencegah terjadinya kotoran yang menumpuk pada kulit kepala, sehingga bisa membuat rambut lebih kuat.

19.  Mendukung Pertumbuhan Rambut dengan Efisien dan Sehat

Air menjadi bahan alami wajib, yang mana bisa mendukung konsumsi vitamin dan bisa membantu pertumbuhan rambut jauh lebih efisien dan lebih sehat.

Seperti yang kita ketahui, ternyata air bisa membuat hampir 1/4 dari berat sehelai rambut. Maka dari itu, dengan meminum air 2 liter per hari, bisa mendapatkan rambut yang lebih berkilau dan lebih sehat.

20. Menghilangkan Masalah Ketombe

Kulit kepala dan akar memiliki ujung saraf fotosensitif dan hemat energi, yang bisa menerima dan mengirimkan sinyal.

Air bisa memberikan energi terhadap ujung saraf, untuk meningkatkan vitalitas alami kulit dan akar rambut. Dengan meminum air putih ini menjadi salah satu solusi dalam menghilangkan masalah rambut yang terjadi, salah satu contohnya ketombe.


Manfaat Minum Air Putih bagi Anak

Manfaat Minum Air Putih untuk Anak

21. Kesehatan Fisik dan Mental Anak Terjaga dengan Baik

Manfaat air putih untuk kesehatan, terutama bagi anak bisa membawa oksigen dan nutrisi untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja, mempunyai fungsi dalam menjaga suhu tubuh tetap normal.

Air juga menjadi salah satu penyusun cairan limfa di dalam sistem peredaran getah bening, yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Air juga ternyata menjaga sistem saraf pusat, seperti halnya dengan sumsum tulang belakang dan organ vital yang lainnya. Minum air putih yang cukup untuk anak akan berdampak langsung terhadap kesehatan anak.

22. Mencerdaskan Anak

Dengan meminum air putih yang cukup juga ternyata memiliki dampak yang bagus untuk konsentrasi dan bisa meningkatkan kinerja otak dari siapapun, apalagi si anak.

Hal ini bisa terjadi karena air menjadi suatu komponen yang sangat penting dalam pembentukan darah, yang bisa menyampaikan oksigen dan nutrisi penting lainnya di dalam otak.

23. Badan Lebih Sehat

Air putih juga bisa membuat kesehatan anak secara fisik lebih bugar, energik dan tak mudah lesu.

Karena kekuatan dari air putih yang bisa membantu anak lebih bersemangat dan tenaga yang dipunyai juga jauh lebih kuat.

24. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, apabila manfaat air putih bagi kesehatan anak bisa meningkatkan daya konsentrasi lebih meningkat.

Air putih akan membantu untuk menjaga sirkulasi darah ke otak menjadi lebih baik, di mana memiliki dampak positif terhadap fungsi kogntif dan konsentrasi anak lebih baik lagi.

25. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Memang benar jika di dalam tubuh itu kebanyakan atau sebagian besar terdiri atas air, sehingga jika kurang meminum air putih, ternyata berdampak yang bisa mengganggu sistem tubuh.

Cairan tubuh memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu melancarkan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, bermanfaat bagi peredaran darah, membantu proses produksi air liur dan menjaga suhu tubuh tetap terjaga dengan baik.

26. Mencegah Terjadinya Kerusakan Gigi pada Anak

Air putih menjadi salah satu minuman yang sehat, sekaligus menyegarkan, di mana di dalamnya bebas akan kandungan gula dan soda.

Menurut dari American Dental Association, fluoridasi dari air bisa membantu mengurangi terjadinya kerusakan gigi, sebesar 20% sampai dengan 40%.

27. Anak Lebih Lincah Bergerak

Air juga memiliki fungsi seperti halnya pelumas, yang bisa menjaga lubrikasi dan bantalan persendian.

Kurang minum ternyata bisa menimbulkan lesu atau lemas pada anak, sehingga anak lebih mudah malas untuk berkegiatan sehari-hari.


Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan

Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan
Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan, via well-beingsecrets.com

28. Kulit Lebih Bercahaya

Daripada Anda harus capek dan repot untuk mencari skincare atau malah buang-buang uang saja hanya untuk membeli produk kecantikan demi kulit yang bercahaya, alangkah baiknya bisa dengan menggantinya menggunakan air putih.

Dengan meminum air putih, bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan semua racun lebih efisien, dan bisa membiarkan kulit lebih segar dan lebih glowing.

29. Menghambat Terjadinya Penuaan Dini

Siapa yang tak takut dengan timbulnya masalah penuaan dini di kulit? Agar hal tersebut tak terjadi, harus rajin atau banyak meminum air putih.

Kenapa harus meminum air putih? Karena dengan meminum air putih bisa menjaga elastisitas dan kelenturan tubuh secara alami pada kulit.

30. Membantu Mengurangi Jerawat

Wanita tentu akan begitu sebal apabila ada jerawat yang datang atau muncul tiba-tiba. Hal seperti ini sebenarnya bisa dikurangi atau bahkan malah tak lagi terjadi.

Bisa dengan memeras buah lemon dan meminumnya dengan air hangat di pagi hari. Apabila Anda rutin melakukan hal ini setiap harinya, maka hasil yang akan diperoleh jauh lebih memuaskan.

31. Penting dalam Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya berperan dalam menjaga kelembaban kulit sehingga tetap optimal dan bisa memberikan nutrisi yang penting untuk sel-sel kulit.

Air bisa melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan mampu meningkatkan elastisitas kulit. Hal itu mampu membantu terjadinya penuaan dini, seperti tanda-tanda munculnya keriput dan garis halus.

32. Pengganti yang Tepat untuk Segala Perawatan Anti-Aging

Air juga menjadi pengganti yang tepat untuk segala macam perawatan anti-aging. Air bisa menjaga kulit sehingga tetap terhidrasi dengan baik dan berkilau, sehingga bisa meningkatkan warna kulit.

Untuk kulit yang jauh lebih halus dan lebih elastis, maka dengan meminum air putih dengan jumlah yang cukup dan memadai, lebih penting dibandingkan harus menggunakan krim topikal.

33. Membantu Mengencangkan Kulit

Terapi air kulit menjadi metode yang cukup efektif dalam proses detoksifikasi dan mengencangkan kulit tubuh.

Sedangkan itu, air hangat berguna untuk membuka pori-pori kulit untuk menghilangkan kotoran. Air dingin bisa membantu menutup dan mengencangkan pori-pori.

34. Bibir Lebih Indah

Dengan meminum air putih, ternyata menjadi salah satu metode yang cukup baik untuk menjaga bibir tetap lembut dan lebih indah.

Hal ini bisa membantu Anda untuk menjaga hidrasi pada bibir, yang bisa sebagai pelembab alami dan mencegah terjadinya bibir pecah-pecah.

35. Mempertahankan Bentuk Tubuh

Memperoleh bentuk tubuh yang langsing tentu menjadi idaman wanita. Hal ini bisa membantu mengontrol asupan makanan dan bisa meningkatkan kinerja dari pencernaan tubuh dengan meminum cukup air putih.

Air putih menjadi minuman terbaik, yang mana di dalamnya hampir tak ada kalori dan mempunyai manfaat kesehatan dan kecantikan yang amat menarik.

36. Mengurangi Terjadinya Bau Badan

Meminum air putih dalam jumlah yang cukup atau dalam jumlah yang disarankan, begitu efektif untuk bisa mengurangi bau badan yang timbul pada tubuh.

Air bisa dengan mudah mencairkan keringat dan tentu bisa mencegah terjadinya bau badan yang muncul.

37. Mencegah Terjadinya Keriput

Untuk mencegah kulit yang keriput agar tetap bisa tampil dengan awet muda, alangkah baiknya untuk banyak mengonsumsi air putih.

Tak hanya mencegah terjadinya keriput, air juga memiliki fungsi yang penting untuk menjaga tubuh, sehingga tak akan terjadi dehidrasi dan kulit masih tetap bisa terjaga elastisitas dan kelembabannya.


Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur
Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, via videoblocks.com

38. Cadangan Energi yang Baik untuk Otak

Otak juga membutuhkan cairan untuk bisa bekerja dengan optimal dan sebagaimana harusnya. Di saat seluruh tubuh tengah tenang beristirahat, kadang otak masih bekerja dengan aktif.

Maka dari itu, tentu dibutuhkan suplai air yang cukup dari dalam tubuh, sehingga mampu membuat fungsi syaraf otak bisa bekerja dengan baik dan lancar.

39. Membuat Tubuh Lebih Segar

Setelah melakukan aktivitas atau kegiatan dengan seharian penuh, tentu tubuh akan lemas dan menjadi lebih mudah mengantuk, sehingga memang enak untuk langsung tidur saat sudah sampai di rumah.

Dengan mengonsumsi air putih, bisa membuat badan atau tubuh lebih segar, lebih bugar, karena memiliki cairan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga di saat bangun tidur juga tak akan lesu.

40. Membantu Mengembalikan Cairan yang Hilang

Setelah berkegiatan seharian penuh, hal tersebut bisa membuat kekurangan cairan yang terjadi pada tubuh, yang berdampak berbagai macam kondisi yang tidak mengenakkan lainnya.

Dengan meminum air putih hangat, ternyata ampuh untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sehingga tubuh bisa kembali segar dan tetap terjaga dengan baik.


Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, via sleep.ihg.com

41. Membantu dalam Melancarkan Sirkulasi Darah

Segelas air hangat saat perut kosong dipercaya bisa membuang racun atau toksin yang selanjutnya bisa membantu sirkulasi darah berjalan dengan lancar.

Tak hanya itu saja, air hangat juga bisa memberikan efek lebih rileks, membantu dalam melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi darah yang buruk dan bisa membantu melancarkan aliran darah dengan baik.

42. Membantu Meredakan Rasa Sakit dan Nyeri

Segelas air putih hangat di pagi hari bisa menjadi obat yang apik untuk mengurangi terjadinya kram akibat menstruasi dan sakit kepala yang terjadi.

Panas ternyata memberikan efek tenang terhadap tubuh, sehingga bisa membantu untuk mengendurkan otot perut untuk meringankan kram dan kejang.

Menurut dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, dengan meminum air hangat bisa merangsang sirkulasi yang lebih ideal untuk mengobati kram otot.

43. Membangkitkan Semangat untuk Memulai Hari

Manfaat minum air putih juga bisa dirasakan di pagi hari, termasuk itu mengusir adanya rasa kantuk yang muncul di dalam tubuh secara berlebih.

Untuk mengatasi hal itu, lebih baik minum air hangat dengan bertahap dan usahakan agar badan tak sampai berkeringat.

Hawa atau suhu dingin yang muncul akibat musim hujan bisa teratasi dengan mudah. Suhu tubuh yang meningkat bisa ditepis, sehingga bisa menghilangkan suhu dingin dan membuat Anda lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

44. Mencegah Terjadinya Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kandung Kemih

Minum air putih setelah bangun tidur ternyata penting untuk mencegah batu ginjal beserta dengan infeksi saluran kandung kemih. Hal tersebut adalah fakta apabila air putih yang diminum dalam perut kosong, bisa mengencerkan asam yang menjadi penyebab batu ginjal.

Semakin banyak air yang Anda minum, terlebih sesuai dengan yang direkomendasikan yakni 2 liter sehari, maka semakin Anda terlindungi dari berbagai macam infeksi kandung kemih yang disebabkan karena toksin.

45. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air putih ternyata mempunyai peranan yang apik untuk membantu untuk menyeimbangkan sistem limfatik, yang bisa membantu peningkatan sistem imun tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat juga bisa melindungi diri Anda dari berbagai macam terjadinya penyakit dan mencegah Anda agar tidak jatuh sakit.


Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong

Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong
Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, via medicalnewstoday.com

46. Mempercepat Terjadinya Proses Metabolisme Tubuh

Saat tengah melakukan suatu program diet, dengan banyak meminum air putih di pagi hari saat perut kosong ternyata mampu mempercepat terjadinya proses metabolisme tubuh hingga hampir 25%.

Hal tersebut ternyata juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan lebih efektif.

47. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan menjadi bertambah walau dengan kondisi atau keadaan perut sedang kosong.

Air putih akan membantu melancarkan pencernaan sehingga perut menjadi kosong dan secara otomatis akan terasa lapar.

48. Membersihkan Usus Besar

Saat perut kosong, dengan meminum banyak air putih ternyata mampu membantu saluran pencernaan untuk membuang limbah yang berbahaya menumpuk pada usus, memungkinkan terjadinya penyerapan nutrisi lebih baik.

Hal tersebut juga ternyata memberikan manfaat untuk mencegah terjadinya kanker usus besar yang bisa mengancam pria maupun wanita.

49. Meremajakan Otot dan Sel-sel Darah Tubuh

Dengan meminum air putih saat perut kosong ternyata memiliki manfaat untuk memperbaharui organ otot dan seluruh sel yang terdapat di dalam tubuh.

50. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening

Saat sistem getah bening bekerja dengan normal dan optimal, tentu tubuh juga memiliki kekutan yang lebih untuk melawan berbagai macam infeksi, yang mampu mengganggu kualitas kesehatan tubuh Anda.

51. Membantu Menyeimbangkan Sistem Limpa

Air putih yang diminum pada saat perut kosong bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan membuat hidrasi pada tubuh, ternyata bisa memaksimalkan fungsi tubuh seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

52. Mampu Membakar Kalori Lebih Cepat

Meminum air putih sebanyak 1,5 liter per hari saat perut kosong bisa membakar kalori hingga 17.400 kalori, yang memungkinkan tubuh bisa menurunkan berat badan sebesar 5 pon.

Pembakaran lemak yang terjadi itulah karena upaya dari tubuh untuk mengolah air putih setelah dikonsumsi.


Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari

Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari
Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari, via worthview.com

53. Detoksifikasi Tubuh

Air putih ternyata mampu menjadi detoks alami untuk racun yang ada di dalam tubuh, sehingga racun tersebut akan didorong keluar melalui urine atau keringat.

54. Memperlancar Sistem Pencernaan

Apabila kebutuhan cairan di dalam tubuh terpenuhi dengan optimal, maka mampu menghindarkan tubuh dari adanya konstipasi karena pencernaan yang kian membaik.

Pencernaan yang baik dan lancar bisa membantu dengan mudah penyerapan nutrisi, yang sangat berguna untuk membentuk massa kotoran manusia.

55. Mencegah Resiko Terjadinya Penyakit Jantung

Berdasarkan dari hasil studi American Journal of Epidemiology, orang yang terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas sehari, ternyata menunjukkan tanda-tanda penurunan resiko penyakit jantung hingga mencapai 41%!

Tentu saja air putih jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan meminum minuman yang manis, apalagi malah mengandung soda. Alih-alih untuk memperoleh energi, malah ternyata buruk untuk tubuh karena di dalamnya tak terkandung nutrisi sama sekali.

56. Menjaga Mood Seharian Penuh

Seseorang yang mengalami dehidrasi, tentu akan mengalami berbagai macam gejala yang muncul, seperti :
  • Kelelahan
  • Kesulitan dalam berkonsentrasi
  • Sakit kepala
  • Suasana hati yang memburuk


Maka dari itu, coba untuk meminum air putih sesuai yang direkomendasikan yaitu 2 liter per hari agar bisa mendapatkan mafaat dan mengubah suasana hati lebih baik lagi.

57. Mencegah Terjadinya Sembelit

Mengonsumsi air putih yang cukup ternyata mampu membantu tubuh dalam melarutkan lemak dan mencerna serat larut. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan menunjukkan apabila mencukupi minum air putih, bisa membuat feses pada usus lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Itulah mengapa alasan minum air putih menjadi begitu penting, dan apabila pencernaan ingin tetap lancar dan berat badan terjaga dengan baik.

58. Menambah Energi dalam Tubuh

Anda merasa lebih lelah dan mengantuk? Hal tersebut menjadi salah satu tanda jika Anda dehidrasi. Saat air terserap ke dalam aliran darah, hal tersebut membangkiktna rasa kantuk dalam sekejap.

Apabila Anda sudah merasakan hal itu, direkomendasikan untuk tidak meminum minuman yang berenergi atau minuman yang bersoda. Cukup dengan meminum air putih dan hindari berbagai macam terjadinya dehidrasi ringan atau berat.

59. Meningkatkan Nafsu Makan dan Produktivitas

Sesaat sebelum melakukan sarapan, dengan meminum air putih ternyata mampu membantu dalam meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak hanya itu saja, air putih ternyata juga bisa mengaktifkan sel-sel darah merah yang mengakibatkan kadar oksigen di dalam darah menjadi kian meningkat, sehingga bisa tetap bersemangat untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

60. Baik untuk Kehamilan dan Menyusui

Di saat ibu hamil dan tengah menyusui, tentu wanita membutuhkan adanya cairan jauh lebih banyak, yang berguna mencukupi kebutuhan cairan yang tinggi.

Akan terjadi begitu banyak perubahan pada ibu hamil, sehingga kebutuhan cairan ibu hamil juga menjadi meningkat dari biasanya. Tidak hanya itu saja, ibu menyusui juga butuh cairan lebih banyak untuk bisa memproduksi ASI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Ulasan Lengkap) 60 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar