Menakjubkan! 20 Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari

Bagi orang dewasa, minum air putih 2 liter atau 8 gelas per hari menjadi suatu kewajiban dalam rangka memenuhi kebutuhan hidrasi dari tubuh.

Hidrasi merupakan keseimbangan cairan dalam tubuh yang menjadi salah satu syarat penting dalam menjamin fungsi metabolisme sel-sel tubuh agar tetap bisa berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Apabila tubuh kekurangan cairan atau yang biasa disebut dengan dehidrasi, maka bisa mempengaruhi kondisi tubuh, kinerja fisik, hingga mental yang ujungnya berakibat pada kelelahan saat melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya kelelahan saja, bahkan juga bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala dan kejang pada otot yang begitu mengganggu aktivitas yang sedang dijalani.

Maka dari itu, berikut ini simak manfaat minum air putih 2 liter sehari atau 8 gelas per hari yang wajib Anda tahu sekarang juga.

Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari

Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari
Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari, via haibunda.com

1. Detoksifikasi Tubuh

Air putih ternyata bisa menjadi detoks bagi racun yang ada di dalam tubuh, sehingga keluar melalui urine atau juga bisa melalui keringat.

Tidak hanya itu saja, meminum air putih yang cukup juga ternyata mampu mengurangi kembung dan bisa merangsang enzim yang mengatur pada saluran pencernaan tubuh.

2. Mampu Menurunkan Berat Badan

Air putih memang dipercaya sanggup dalam menurunkan berat badan, asalkan juga dengan menggunakan cara yang tepat.

Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan University of Birmingham pada tahun 2015, mengungkap jika salah satu cara dalam menurunkan berat badan ialah dengan minum setengah air liter setengah jam sebelum makan.

3. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Dengan meminum air putih yang cukup ternyata juga bisa membantu kulit dalam menjaga kelembaban tubuh. Racun di dalam tubuh bisa keluar.

Racun-racun tersebutlah yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan, hingga penyumbatan pada pori-pori, yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Konsumsi air dengan cukup bisa mengeluarkan racun tersebut dan pada akhirnya membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jika kebutuhan cairan di dalam tubuh sudah terpenuhi dengan baik, maka bisa menghindarkan tubuh dari konstipasi karena pencernaan yang baik.

Pencernaan yang baik atau lancar bisa dengan mudah membantu penyerapan nutrisi, yang mana juga berguna dalam membentuk massa kotoran dari manusia itu sendiri.

5. Lebih Tampak Awet Muda

Awet Muda
Awet Muda, via wow.tribunnews.com

Manfaat minum air putih 2 liter sehari yang ke-5 juga senada dengan poin yang keempat, di mana mampu membuang racun yang pada akhirnya jerawat hilang dan tampak awet muda.

Air putih bisa membuat kulit menjadi lebih segar dan bugar setiap harinya dan bisa terhindarkan dari kulit yang kusam.

6. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Menurut dari studi yang berhasil diungkap oleh American Journal of Epidemiology, orang yang terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas dalam sehari, ternyata menunjukkan penurunan resiko sebesar 41% akibat penyakit jantung.

Tentu, air putih jauh lebih bermanfaat dibandingkan Anda meminum minuman yang manis-manis, seperti soda, alih-alih untuk mendapatkan energi malah ternyata buruk bagi kesehatan tubuh.

7. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening

Di saat sistem getah bening bisa bekerja dengan optimal sebagaimana mestinya, maka tubuh mempunyai kekuatan dalam melawan berbagai macam infeksi yang menyerang.

Bisa juga melawan infeksi tiroid, karena bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

8. Mencegah Terjadinya Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal sendiri disebabkan karena adanya garam dan garam menurut toeri larut di dalam air.

Dengan mencukupi kebutuhan air putih harian di dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh menjadi larut dan ikut keluar dengan air seni.

9. Menjaga Mood Seharian

Seseorang yang sedang mengalami dehidrasi tentu bisa mengalami berbagai macam gejala :
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Kesulitan berkonsentrasi, hingga
  • Suasana hati menjadi memburuk

Maka dari itu, cobalah untuk meminum air putih 8 gelas per hari, untuk memperoleh manfaatnya dan bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

10. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut, via alodokter.com

Manfaat minum air putih yang ke-10 ternyata juga sangat penting dalam kebersihan mulut dan juga gigi.

Sebenarnya, di dalam rongga mulut terdapat air ludah yang memiliki fungsi sebagai self cleansing.

Nah, apabila mengonsumsi air putih yang cukup, tentu mampu memelihara produksi dari air ludah, sehingga setidaknya mampu mengurangi terkena resiko penyakit gigi dan juga mulut.

11. Menjadi Obat Sakit Kepala

Seperti yang sudah dipaparkan pada poin-poin di atas apabila kekurangan air putih bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi yang berujung pada sakit kepala.

Minum air putih yang cukup bisa membantu dalam meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi, karena pada faktanya, banyak faktor sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.

12. Mengurangi Resiko Kanker

Terkait halnya dengan sistem pencernaan tubuh, beberapa studi yang telah dilakukan menunjukkan dengan minum air putih bisa mengurangi resiko kanker kandung kemih dan juga kanker usus besar.

Air putih bisa meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urine dan bisa memperbendek usia dari virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.

13. Meningkatkan Konsentrasi

Otak kita memang benar sebagian besar terdiri oleh air, sehingga minum air putih bisa menjadi salah satu jalan atau pilihan untuk meningkatkan konsentrasi.

Apabila konsentrasi meningkat, maka bisa membantu cara berpikir yang jauh lebih baik dan jauh lebih waspada akan keadaan sekitar.

14. Mencegah Terjadinya Sembelit
Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu tubuh dalam melarutkan lemak dan mencerna serat larut. Penelitian yang dilakukan juga menunjukkan jika mencukupi minum air putih mampu membuat feses di dalam usus menjadi jauh lebih lembut dan jauh lebih mudah keluar.

Itulah mengapa alasan minum air putih yang begitu penting, apabila Anda ingin pencernaan tetap lancar dan berat badan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga : Menakjubkan Sekali! 15 Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Bangun Tidur

15. Mengatur Asupan Kalori Harian

Kalori Harian Tubuh
Kalori Harian Tubuh, via lifestyle.okezone.com

Dengan cara meningkatkan jumlah air yang Anda minum setiap harinya, bisa menjadi salah satu strategi tepat dan jitu dalam menurunkan berat badan.

Maka, Anda bisa dengan mudah menekan nafsu makan. Bahkan, apabila dengan meminum 1 gelas air putih sebelum makan berat, bisa menjadi lebih kenyang tanpa adanya asupan kalori yang lebih tinggi.

Alangkah baiknya minum air putih sekitar setengah hingga 1 jam sebelum dan sesudah makan.

16. Menambah Energi dalam Tubuh

Merasa letih ataupun mengantuk? Hal ini bisa menjadi salah satu pertanda utama dari terjadinya dehidrasi di dalam tubuh. Saat air terserap ke dalam aliran darah, hal ini bisa membangkitkan rasa kantuk sekejap.

Nah, apabila Anda sudah merasakan hal tersebut, disarankan untuk tak memilih minuman berenergi atau malah minuman yang lain. Cukup dengan minum air putih dan hindari terjadinya dehidrasi ringan ataupun berat.

Baca juga :


17. Meningkatkan Nafsu Makan dan Produktivitas

Sesaat sebelum sarapan pagi, dengan meminum segelas air putih ternyata bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu saja, air putih juga bisa mengaktifkan sel darah merah yang mengakibatkan kadar oksigen di dalam darah menjadi meningkat, sehingga mampu membuat tetap bersemangat setiap harinya.

18. Menjaga Suhu Tubuh

Air putih tak hanya berguna sebagai detoksifikasi tubuh saja, melainkan berkeringat juga menjadi penting dalam rangka untuk menjaga suhu tubuh tetap terjaga dalam batasan yang normal.

Di saat tubuh mempunyai cairan yang cukup, maka apabila terjadi kenaikan suhu pada tubuh, bisa dikeluarkan melalui keringat.

19. Menghilangkan Bau Mulut

Tahu atau tidak jika bakteri yang paling banyak ternyata berada di mulut kita dan bau mulut menjadi salah satu tanda juga jika Anda tengah kekurangan cairan.

Dengan minum air yang cukup, maka kelembaban mulut akan terjaga dengan optimal dan bakteri serta sisa makanan penyebab bau mulut akan larut oleh air putih.

20. Bagus untuk Kehamilan dan Menyusui

Ibu Hamil
Ibu Hamil, via hellosehat.com

Di saat hamil dan menyusui, tentu wanita membutuhkan cairan yang jauh lebih banyak dalam mencukupi kebutuhan cairan yang tinggi.

Terjadi begitu banyak perubahan di dalam tubuh ibu hamil, sehingga kebutuhan cairan ibu hamil juga meningkat. Tak hanya itu saja, ibu menyusui juga membutuhkan cairan yang jauh lebih banyak untuk memproduksi ASI. (Baca juga : Menyehatkan! 13 Manfaat Minum Air Putih untuk Anak)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menakjubkan! 20 Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari"

Posting Komentar