Apakah Minum Air Putih Bisa Kurus? Benar, Ini Faktanya!

Banyak orang menempuh cara dalam melakukan diet yang salah, karena terlalu bersemangat ingin segera menurunkan berat badan, demi mendapatkan tubuh yang lebih langsing lagi. Mungkin, beberapa diantara kalian disarankan dengan banyak meminum air putih, sehingga bisa membuat langsing.

Sebenarnya, mengonsumsi atau meminum air putih dalam jumlah yang banyak, belum tentu mampu menurunkan berat badan. Akan tetapi, jikalau sudah kenyang dengan air putih, maka orang memang menjadi tak banyak makan.

Sementara itu, air putih kalorinya nol!

Namun, memang tak disarankan untuk hanya mengandalkan banyak air putih saja saat ingin menurunkan berat badan. Walaupun konsumsi air yang ditambah, maka tubuh tetap membutuhkan nutrisi dari adanya makanan, untuk tetap bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Apakah Minum Air Putih Bisa Kurus?

Apakah Minum Air Putih Bisa Kurus?
Minum Air Putih, via thehealthsite.com

Jika kamu sering mendengar diet air putih, sebenarnya ini menjadi suatu aktivitas atau kegiatan rutin yang mampu berdampak baik dalam mengurangi konsumsi air berperasa.

Dengan banyak minum air putih, sebenarnya mampu menurunkan kadar gula yang dikonsumsi.

Sementara itu, rasa lapar tak melulu disebabkan oleh adanya kita membutuhkan asupan makanan, melainkan juga bisa datang karena stres atau bahkan ingin mengonsumsi sesuatu yang manis.

Kondisi yang terjadi tersebut juga sebenarnya bisa disiasati dengan memilih atau menggantinya dengan air putih. Di saat kita ingin meminum minuman yang manis dan memiliki kalori tinggi, alangkah baiknya untuk menggantinya dengan air putih.

Maka dari itu, jikalau minum air putih dalam jumlah yang banyak, mampu menurunkan berat badan, karena air putih tersebut mampu menurunkan konsumsi jumlah gula yang masuk ke dalam tubuh.

Bahkan, para peneliti yang berasal dari University of Birmingham, pada tahun 2015, mengatakan jika salah satu cara dalam menurunkan berat badan ialah dengan meminum sebanyak setengah liter air putih, setengah jam di saat sebelum makan.

Hal tersebut merujuk terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan, jika orang yang mengonsumsi setengah liter air putih, setengah jam sebelum makan, ternyata kehilangan 4,3 kg berat badan selama 12 minggu.

Air Putih, Air Dingin, Es Batu? Sama Saja!

Air putih, air dingin, ataupun es batu, semua itu kalorinya adalah nol. Lama-lama, minuman yang dingin juga tak akan dingin saat masuk ke dalam tubuh.

Justru, jikalau dengan meminum air putih yang dingin, maka tubuh akan berusaha untuk mencoba memanaskannya. Saat air mempunyai suhu misal 0 derajat, maka tubuh akan berusaha dengan maksimal membuatnya menjadi panas.

Artinya, justru tubuh membutuhkan kerja keras untuk bisa memanaskan. Membakar kalori bukan berarti langsung membuat kurus, melainkan tubuh bisa bekerja sedikit lebih ekstra dari biasanya.

Bisa disimpulkan juga jika kebiasaan sering meminum air dingin, justru tak memiliki hubungan atau kaitannya terhadap perut buncit, melainkan bisa membuat tubuh bekerja lebih ekstra dalam membakar kalori tersebut.

Segera Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh

Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh
Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh, via india.com

Di luar dari berbagai macam mitos yang beredar luas di masyarakat, memang tak bisa dipungkiri jika mengonsumsi air putih harus bisa menjadi salah satu kebiasaan yang wajib diterapkan, dalam memenuhi segala kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh.

Dalam kondisi yang sehat atau normal, dibutuhkan sekitar sebanyak 2 liter air yang dibutuhkan, sehingga tubuh bisa menjalankan fungsinya atau proses metabolisme dengan lebih baik.

Sementara itu, kebutuhan bagi anak-anak jelas sedikit berbeda, namun, manfaat yang bisa diambil oleh tubuh kurang lebih sama.

Apabila mulai merasakan lapar pada tubuh, cobalah untuk meminum air putih terlebih dahulu. Dengan demikian, pencernaan bisa bekerja jauh lebih baik dan metabolisme tubuh menjadi meningkat, saat mengonsumsi banyak air.

Ketahui Juga Kesehatan Melalui Warna Air Seni

Cobalah untuk cek juga apakah tubuh kamu sudah cukup air, dengan cara melihat warna air seni yang dikeluarkan.

Apabila air seni yang dikeluarkan berwarna jernih dan tak berbau, maka bisa dikatakan jika kamu sudah cukup akan asupan air tersebut.

Sementara itu, apabila air seni berwarna pekat, kuning dan berbau pesing, itu menjadi salah satu pertanda apabila tubuh mengalami dehidrasi.

Untuk tetap bisa memastikan kamu tetap rutin dalam meminum air putih, bahkan saat sedang tak berdiet, cobalah untuk sering membawa botol minum berisi air putih di dekat kamu dan selalu dalam jangkauan, entah itu saat sekolah, bekerja atau berkegiatan yang lain.

Cobalah untuk mengganti minuman bersoda atau kopi, dengan segelas air dan minumlah mulai dari sedikit air sepanjang hari, jangan malah sekaligus banyak, karena bisa berakibat buruk bagi tubuh.

Pilihan editor :

Jangan Menunggu Haus!

Jangan Menunggu Haus
Jangan Menunggu Haus, via fogut.com

Jadi, mulailah kebiasaan baik dalam meminum air putih. Jangan meminum air putih banyak-banyak dengan mempunyai harapan membuat tubuh menjadi lebih langsing.

Disarankan untuk jangan menunggu hingga benar-benar haus, karena hal tersebut berarti tubuh sudah mengirim sinyal untuk kamu perlu minum.

Cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal sebanyak 8 gelas per hari. Jangan lupa, selalu utamakan dalam meminum air putih, bukan yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Minum Air Putih Bisa Kurus? Benar, Ini Faktanya!"

Posting Komentar