Murah Meriah! 8 Manfaat Minum Air Putih untuk Otak

Sama halnya dengan ginjal, otak ternyata membutuhkan air dalam jumlah yang cukup. Bahkan, air memiliki lebih banyak manfaat untuk otak, daripada apa yang Anda pikirkan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan otak menjadi organ yang paling penting, organ yang juga paling membutuhkan energi dan sebagian besar terdiri atas air. Maka dari itu, dibutuhkan air, sehingga otak tetap bisa berfungsi.

Sebenarnya, jika Anda tahu, manfaat air putih itu sangatlah banyak. Tidak hanya otak saja, melainkan juga bagi organ tubuh yang lain, seperti kulit, rambut, kecantikan, dan lain sebagainya.

Bahkan, air putih sendiri juga bermanfaat bagi banyak kalangan, entah itu mulai dari anak-anak, hingga usia dewasa, sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi tubuh.

Lantas, bagaimana manfaat minum air putih untuk otak?

Manfaat Minum Air Putih untuk Otak

Manfaat Minum Air Putih untuk Otak
Manfaat Minum Air Putih untuk Otak, via purewow.com

1. Bisa Bekerja Lebih Cepat

Untuk bisa bekerja dengan benar, otak tentunya membutuhkan banyak cairan yang diperlukan. Sel-sel di organ membutuhkan keseimbangan yang tepat, antara air dan berbagai macam elemen yang lain.

Salah satu cara yang paling mudah ialah dengan meminum air setelah bangun tidur. Hal ini menjadi waktu di mana sel-sel otak membutuhkan cairan yang hanya bisa diperoleh dari air.

Tidak hanya itu saja, untuk bisa membuat otak bekerja jauh lebih optimal, jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar saat di pagi hari.

2. Menyeimbangkan Mood dan Emosi

Hal ini seperti saat Anda sedang melihat laut, merasakan adanya deburan dari ombak dan menghirup udara segar. Hal ini mampu membuat kita jauh lebih rileks. Emosi juga bisa jauh lebih tenang dengan cara meminum air.

Hal ini dikarenakan suhu pada otak akan meningkat dan mampu menyingkirkan racun beserta dengan sel-sel mati. Iini juga membuat proses kimiawi yang mampu menyalakan lagi proses mental.

3. Ingatan Semakin Membaik

Saat dehidrasi, tentu akan terjadi ketidakseimbangan yang ada pada tubuh dan pada akhirnya mampu menyebabkan disfungsi. Salah satunya dengan berkurangnya ketangkasan kognitif.

Dengan demikian, kita sulit untuk mengingat sesuatu. Maka dari itu, paling tidak minum sebanyak 8 gelas sehari agar bisa membuat tubuh tidak dehidrasi.

4. Mampu Memperkuat Daya Ingat

Meminum air putih saat kita tengah lelah mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang, karena kehabisan dari mineral.

Apabila Anda meminum air putih saat lelah karena beraktivitas atau bekerja, mungkin Anda mampu meningkatkan daya konsentrasi saat Anda meminum air putih.

Saat seseorang mengalami dehidrasi, maka kemampuan otak saat berpikir menjadi terganggu. Dengan adanya pengerutan sel otak tersebut karena kurangnya pasukan air menuju otak dan mengganggu daya ingat seseorang.

Pilihan editor :

5. Menghilangkan Rasa Kantuk

Menghilangkan Rasa Kantuk
Menghilangkan Rasa Kantuk, via abcnews.com

Manfaat air putih untuk otak yang selanjutnya ialah mampu menghilangkan rasa kantuk yang begitu menyebalkan, terlebih saat kita sedang bekerja, atau mengejar deadline.

Saat kita mengantuk, pada umumnya kita merasa bahwa diri kita terlalu lelah, padahal kekurangan oksigen di dalam otak juga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Daripada Anda harus lebih memilih meminum kopi, alangkah baiknya untuk meminum air putih saja, sehingga otak jauh lebih segar dan Anda mampu melanjutkan segala bentuk aktivitas atau kegiatan sehari-hari Anda.

6. Mengobati Sakit Kepala atau Migrain

Tak perlu dengan menggunakan obat, migrain yang terjadi biasanya disebabkan oleh cairan yang kurang pada otak.

Maka dari itu, lebih baik untuk meminum air dalam jumlah yang cukup, sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan mampu mengurangi jumlah intensitas sakit kepala.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Terkadang, orang sama sekali tak memperhatikan adanya tanda-tanda dari dehidrasi. Salah satunya ialah dengan sulit berkonsentrasi. Jika terjadi dehidrasi, maka otak yang akan merasakan dampak yang pertama kali.

Walaupun memang benar teh atau kopi bisa membantu, namun minuman manis semacam ini tak begitu disarankan dalam mengatasi hal tersebut.

Alangkah baiknya, biasakan dengan waktu yang teratur, Anda selalu meminum segelas air dalam jangka waktu tertentu. Hal ini agar bisa meningkatkan konsentrasi, saat konsentrasi mulai menurun.

8. Membantu Tidur Jauh Lebih Nyenyak

Selain bangun tidur, minum air sebelum tidur ternyata juga mempunyai banyak manfaat, walau mungkin hanya setengah gelas saja yang diminum,

Dengan adanya air tersebut, mampu meningkatkan aliran darah menuju otak. Hal ini mampu meningkatkan oksigenasi dan hidrasi otak, serta mampu menenangkan diri Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Murah Meriah! 8 Manfaat Minum Air Putih untuk Otak"

Posting Komentar