Mantap Betul! 18 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong

Semua makhluk hidup tentunya membutuhkan air demi keberlangsungan hidup. Tanpa adanya air, maka mereka tak mungkin bisa bertahan hidup hingga sekarang ini.

Sementara itu, salah satu manfaat air putih juga bisa digunakan untuk memuaskan dahaga dan memulihkan energi atau tenaga yang menghilang akibat aktivitas seharian penuh.

Bisa dikatakan jika memang benar sekitar 50% hingga 70% tubuh manusia terdiri atas air. Maka, sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, alangkah baiknya untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau sebanyak 2 liter sehari, agar tubuh tidak dehidrasi.

Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong

Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong
Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, via semuril.com

1. Mempercepat Proses Metabolisme Tubuh

Saat sedang melakukan program diet, dengan meminum air putih di pagi hari di saat perut sedang kosong bisa mempercepat terjadinya proses metabolisme tubuh hingga hampir 25%.

Hal ini juga bisa dikatakan bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan secara jauh lebih cepat dan lebih efektif.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Air dibutuhkan dalam menjaga segala keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Minum air putih saat perut kosong sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Hal ini bisa membantu melawan infeksi dan datangnya penyakit yang akan menyerang tubuh. Dengan minum air putih juga bisa membantu dalam meningkatkan fungsi kesehatan dan tentunya menjauhkan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit.

3. Mampu Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan juga akan bertambah, walaupun saat kondisi perut sedang kosong.

Mampu melancarkan pencernaan sehingga perut menjadi kosong, secara otomatis juga akan terasa lapar.

4. Membersihkan Usus Besar

Di saat perut kosong dengan minum air putih bisa membantu saluran pencernaan dalam membuang limbah berbahaya yang menumpuk di dalam usus, memungkinkan penyerapan nutrisi yang jauh lebih baik.

Hal ini juga memiliki manfaat dalam mencegah kanker usus besar (kolon) yang mengancam pada pria dan wanita.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan
Membantu Menurunkan Berat Badan, via duapah.com

Manfaat minum air putih saat perut kosong yang ke-5 juga bisa membantu menurunkan berat badan karena air mempunyai kandungan kalori nol. Sehingga, meminum segelas air putih saat perut kosong bisa membuat perut lebih terasa mengenyangkan.

Hal ini bisa membantu tubuh dalam meningkatkan proses metabolisme dan membakar kalori lebih cepat.

6. Kulit Jadi Lebih Berkilau

Mengonsumsi air putih memang benar adanya bisa membantu tubuh dalam merontokkan racun di dalam tubuh, maka kulit bisa lebih berkilau dan tak lagi kusam.

Bahkan, konsumsi air putih setiap pagi setelah bangun tidur di saat perut masih kosong bisa membantu membersihkan racun yang adai dalam darah, sehingga wajah semu cantik dan berkilau.

7. Meremajakan Otot dan Sel-sel Darah Tubuh

Minum air putih di saat perut sedang kosong begitu bermanfaat dalam memperbaharui organ otot dan seluruh sel yang ada di dalam tubuh.

8. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening

Saat sistem getah bening bisa bekerja dengan optimal, maka tubuh akan mempunyai kekuatan lebih dalam melawan berbagai infeksi yang bisa menggantu kualitas kesehatan tubuh Anda.

9. Menyeimbangkan Sistem Limpa

Air putih yang diminum saat perut sedang kosong mampu membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan melakukan hidrasi tubuh, mampu memaksimalkan fungsi tubuh seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

10. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Langsing

Membuat Tubuh Menjadi Lebih Langsing
Membuat Tubuh Menjadi Lebih Langsing, via politik.djournalist.com

Berat badan yang ideal memang menjadi impian bagi setiap orang, entah itu pria atau bahkan wanita.

Nah, manfaat minum air putih saat perut kosong yang ke-10 begitu bermanfaat yang ingin menyesuaikan berat badan proporsional, dimulai dengan mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

11. Mampu Menambah Darah dalam Tubuh

Di saat Anda tengah lemas, lesu, pusing, hingga anemia, ada baiknya untuk meminum air dalam kadar atau jumlah yang cukup. Dengan demikian, kita bisa membantu tubuh dalam membentuk sel-sel darah baru dan membantu pembentukan sel otot.

12. Ginjal Jauh Lebih Sehat

Dengan mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari bisa membantu dalam meringankan kerja dari organ ginjal, sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

13. Memperlancar Proses Buang Air Besar (BAB)

Bagi Anda yang tengah mengalami sembelit atau susah buang air besar di pagi hari, alangkah baiknya untuk minum air putih saat perut kosong di mana memiliki tujuan dalam membantu melancarkan buang air besar.

14. Menghilangkan Racun di dalam Tubuh

Malam hari saat beristirahat, tubuh berusaha bekerja dalam memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengeluarkan semua racun tubuh. Di pagi hari, saat baru bangun tidur di saat perut dalam keadaan kosong, yang tersisa hanyalah racun dari sisa semalam.

Jika saat baru bangun tidur Anda langsung minum air putih tanpa mengonsumsi apapun sebelumnya, maka Anda bisa membersihkan dan mengeluarkan semua racun yang tersisa di dalam tubuh. Tidak hanya itu, sel darah baru juga meningkat serta produksi sel otot juga bertambah. (Baca juga : Begitu Mengesankan! Ada 16 Manfaat yang Didapat Apabila Minum Air Putih Sebelum Tidur)

15. Membakar Kalori secara Lebih Cepat

Membakar Kalori dengan Cepat
Membakar Kalori dengan Cepat, via loop.co.id

Minum air putih 1,5 liter per hari di saat perut sedang kosong mampu membakar kalori hingga 17.400 kalori, memungkinkan tubuh mampu menurunkan berat badan hingga sebesar 5 pon.

Pembakaran lemak tersebut terjadi karena upaya dari tubuh yang mengolah air putih setelah dikonsumsi.

16. Mengobati Rasa Sakit Kepala

Sakit kepala terjadi karena otak mengalami dehidrasi, bisa disembuhkan dengan meminum air putih.

Cobalah untuk manfaatkan air putih untuk menanggulanginya. Saat kondisi perut kosong, bisa minum air putih hingga sakit kepala mereda.

Pilihan editor : 

17. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Tubuh yang dehidasi bisa mengakibatkan kulit menjadi keriput, bahkan hingga menyebabkan rambut menjadi rontok. Disebutkan bahwa minum 500 ml air putih saat perut kosong berguna dalam meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga membuat kulit tampak bersinar.

Tidak hanya itu saja, saat minum asupan air yang jauh lebih banyak terutama dalam kondisi perut kosong, bisa memperbesar kemungkinan ketebalan rambut terjaga lebih baik dan lebih sehat.

18. Meningkatkan Energi Tubuh

Apabila sering merasa lelah saat di pagi hari, cobalah untuk meminum segelas air putih hangat. Karena, dengan meminum air putih saat perut kosong bisa merangsang sel darah merah agar tumbuh lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, bisa juga memperlancar asupan oksigen ke dalam darah. Hal ini juga bisa membuat tubuh lebih banyak energi dan bersemangat dalam memulai hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantap Betul! 18 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong"

Posting Komentar