Menakjubkan! 15 Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Bangun Tidur

Di saat bangun tidur pada pagi hari, apa yang biasanya Anda santap atau minum? Apakah meminum segelas teh hangat, atau bahkan malah menyantap makanan ringan?

Terlepas dari fakta itu semua, pilihan dari berbagai macam jenis minuman yang tersedia itu bergantung terhadap selera masing-masing.

Akan tetapi, tahukah Anda jika dengan meminum segelas air hangat saat bangun tidur ternyata memiliki begitu banyak manfaat di dalamnya bagi tubuh dan keseharian kita selama menjalankan aktivitas?

Stella Metsovas, yang merupakan ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam ilmu pangan dan gizi mengungkap jika dengan meminum air hangat di pagi hari atau bisa menambahnya dengan rendaman lemon, terbukti mampu mengurangi aktivitas atau kegiatan radikal bebas di tubuh.

Tidak hanya itu saja, minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari walaupun kondisi perut masih kosong juga memiliki banyak manfaat lain.

Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Bangun Tidur

Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Bangun Tidur
Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Bangun Tidur, via amritaretreat.com

1. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Keberadaan dari racun yang ada di dalam tubuh mampu membuat penuaan dini lebih cepat menjadi kenyataan. Saat tubuh kita menumpuk akan racun, maka menjadi lebih rentan terhadap segala bentuk penyakit dan penuaan.

Air hangat di sini bisa berperan aktif dalam membantu membersihkan tubuh dari berbagai macam racun.

Tidak hanya itu saja, air putih hangat juga mampu membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang mampu menyebabkan terjadinya peningkatan elastisitas kulit Anda.

2. Mampu Menurunkan Berat Badan

Anda sendiri mungkin pernah mendengar jika dengan meminum air hangat di pagi hari bisa menurunkan berat badan.

Ternyata, hal tersebut benar adanya!

Air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh Anda yang pada selanjutnya juga bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda.

Peningkatan aktivitas atau kegiatan metabolik mampu memberikan tubuh kemampuan dalam membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Sementara itu, air hangat yang dicampur dengan menggunakan lemon juga bisa mengendalikan keinginan untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.

3. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Segelas air hangat di saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya mampu membuang toksin yang mana selanjutnya bisa membantu sirkulasi darah.

Tidak hanya itu saja, air hangat juga mampu memberikan efek lebih rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi darah yang buruk dan tentunya membantu melancarkan aliran darah dengan baik.

4. Membuat Pencernaan Lebih Sehat

Pencernaan Lebih Sehat
Pencernaan Lebih Sehat, via natural-health-journals.com

Segelas air hangat di saat perut sedang kosong, terutama air putih, mampu membersihkan tubuh dari berbagai racun yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Sementara itu, apabila meminum air dingin malah bisa mengeraskan lemak di dalam makanan yang telah dikonsumsi, membuat pencernaan bekerja menjadi lebih sulit dan bisa menciptakan timbunan lemak.

Para ahli juga merekomendasikan untuk menganti segelas air dingin dengan air hangat karena lebih bermanfaat.

5. Mencegah Terjadinya Sembelit

Banyak makanan yang dikonsumsi setiap hari malah sulit untuk dicerna karena adanya masalah yang satu ini. Banyak orang mengalami transit usus yang begitu lambat.

Kondisi ini dikenal dengan nama sembelit, yang menyebabkan kesulitan untuk membuang limbah dari dalam tubuh, perut kembung, nyeri dan ketidaknyamanan.

6. Baik untuk Meredakan Rasa Sakit dan Nyeri

Segelas air putih hangat di pagi hari bisa menjadi salah satu obat yang baik dalam mengurangi kram menstruasi dan sakit kepala.

Panas memiliki efek menenangkan pada tubuh, sehingga bisa membantu mengendurkan otot perut dalam meringankan kram dan kejang.

Menurut dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, minum air hangat mampu merangsang sirkulasi yang membuatnya lebih ideal dalam mengobati kram otot.

7. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Kebiasaan sederhana meminum air putih hangat di saat perut sedang kosong ternyata juga mampu membantu mencegah terjadinya penuaan dini beserta dengan gejala yang dihadapi.

Saat tubuh menumpuk racun, maka akan lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit dan penuaan dini.

Untungnya, dengan kebiasaan sederhana di pagi hari ini mampu merangsang proses detoksifikasi dan mampu mencegah dari berbagai macam penyakit.

Tidak hanya itu saja, minum air hangat juga begitu ideal dalam memperbaiki sel-sel kulit dan mampu memanjakan elastisitas kulit.

8. Teman Pendamping saat Diet

Teman Pendamping saat Diet
Teman Pendamping saat Diet, via mirror.co.uk

Terjadinya peningkatan aktivitas atau kegiatan metabolik di tubuh setelah minum air hangat bisa memberikan kemampuan dalam membakar jauh lebih banyak kalori sepanjang hari.

Minum segelas air hangat dengan bisa ditambah sedikit perasan lemon, karena larutan ini bisa memecah jaringan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, terutama yang ada di bagian lengan, paha dan perut.

Air hangat dengan perasan lemon juga bisa membantu mengontrol keinginan menyantap makanan secara berlebih, karena mengandung serat pektin.

9. Membangkitkan Semangat dalam Memulai Hari

Manfaat minum air putih juga bisa dirasakan pada pagi hari, termasuk dalam mengusir rasa kantuk yang berlebih.

Untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya minum air hangat secara bertahap, usahakan agar badan tidak sampai berkeringat.

Hawa dingin yang ditimbulkan oleh musim hujan juga bisa teratasi dengan mudah. Suhu tubuh yang meningkat juga bisa ditepis sehingga mampu menghilangkan hawa dingin dan mampu membuat Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas.

10. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi bisa berdampak serius terhadap pertumbuhan rambut. Minum banyak air mampu memberi nutrisi pada rambut, dari dalam hingga luar.

Air bisa membentuk hampir 1/4 dari berat untai rambut. Asupan air yang tak cukup bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan helai rambut menipis.

Anda harus minum lebih banyak air setiap hari, karena minum air putih bisa meningkatkan kualitas rambut hingga tingkat yang lebih tinggi.

11. Mencegah Terjadinya Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kandung Kemih

Minum air putih setelah bangun tidur cukup penting dalam mencegah terjadinya batu ginjal dan infeksi saluran kandung kemih. Ini menjadi salah satu fakta jika minum air putih saat perut kosong ternyata mampu mengencerkan asam yang menjadi penyebab batu di ginjal.

Semakin banyak air yang Anda minum (dalam batas wajar, seperti 2 liter sehari), maka semakin juga Anda terlindungi dari berbagai macam atau jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

12. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Air putih juga memiliki peranan yang begitu baik dalam membantu menyeimbangkan sistem limfatik di mana mampu membuat peningkatan akan sistem imun tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga membuat Anda jauh lebih aman dari berbagai macam penyakit dan bisa mencegah Anda jatuh sakit.

13. Tubuh Lebih Segar dan Bugar

Dengan meminum air putih tentu bisa membantu untuk terhindar dari terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Anda sendiri juga bisa mendapatkan dampak positif jika melakukan hal ini, yaitu akan merasa jauh lebih fit dan fresh saat bangun tidur, jadi Anda tak akan lagi lesu saat bangun.

14. Meredakan Nyeri pada Tenggorokan

Jika Anda sedang mengalami demam, seperti halnya flu, batuk dan tenggorokan sakit, dengan mengonsumsi air putih hangat di pagi hari di saat Anda baru bangun tidur bisa menghindarkan dari hal tersebut. (Baca juga : Begitu Mengesankan! Ada 16 Manfaat yang Didapat Apabila Minum Air Putih Sebelum Tidur)

Hal ini tentu bisa membantu Anda meredakan rasa nyeri di tenggorokan dan bisa melegakan nafas Anda.

15. Mencegah Migrain

Sakit kepala atau migrain sering disebabkan oleh kekurangan oksigen dan cairan yang ada pada tubuh. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab utama sakit kepala yang cukup mengganggu aktivitas atau kegiatan sehari-hari kita.

Minum air putih saat perut kosong juga bisa membantu membebaskan diri dari sakit kepala dan membantu mencegah terjadinya masalah pada gigi.

Mengapa Minum Air Putih itu Penting?

Konsumsi Air Putih adalah Hal yang Penting

Karena 70% tubuh Anda terdiri atas air. Jika kebutuhan air di dalam tubuh tak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.

Dehidrasi yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan terjadinya rheumatoid arthritis, migrain, kolitis, angina, hipertensi, obesitas, wasir, batu ginjal, kanker payudara, kanker rahim, dan lain sebagainya.

Sehingga tubuh Anda bisa terhindar dari penyakit di atas, bantulah tubuh untuk lebih banyak mengonsumsi air putih, sehingga tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menakjubkan! 15 Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Bangun Tidur"

Posting Komentar