Hati-hati! 17 Bahaya Minum Soda Setiap Hari

Kita semua sudah tahu jika minum minuman yang bersoda itu bukanlah salah satu pilihan apik untuk kesehatan. Alih-alih ingin mendapat manfaat yakni kesegaran, ternyata malah akan terdapat banyak masalah yang muncul.

Bahkan, sudah banyak juga berbagai macam diskusi ataupun forum yang membahas mengenai efek negatif dari minuman bersoda untuk tubuh dan kesehatan. Walaupun demikian, kenyataannya untuk saat ini minuman bersoda memang sulit untuk dihindari.

Rasa soda yang manis, nikmat dan menyegarkan, membuat minuman jenis ini menjadi minuman pilihan favorit untuk berkumpul, bersantai, atau bahkan hanya sekadar menghilangkan rasa dahaga atau rasa haus.

Walaupun demikian, semakin banyak Anda meminum minuman bersoda ini, maka semakin banyak juga nantinya resiko kesehatan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Walaupun meminum hanya dalam batas normal, tetap saja bahaya karena lebih banyak efek negatifnya ketimbang manfaat yang dihasilkan.

Alangkah baiknya, Anda bisa melihat beberapa bahaya, dampak atau efek negatif dari minuman soda di bawah ini, sehingga Anda nantinya sudah bisa mulai mencoba untuk mengurangi konsumsinya atau bahkan mengantisipasinya.

Bahaya Minum Soda Setiap Hari

Minuman Bersoda
Minuman Bersoda, via lachiesblog.com

1. Penyebab Diabetes Tipe 2

Di dalam 1 kaleng minuman bersoda, ternyata mengandung pemanis yang mana setara dengan sebanyak 10 sendok teh gula! Hal ini tentu sangat berbahaya, mengingat karena saat kita membuat minuman seperti teh atau kopi, gulanya tidak sebanyak itu.

Total gula yang terkandung di dalam soda itu sendiri, terlebih yang berbentuk cair, bisa dengan mudah membuat gula darah menjadi meningkat dan pada akhirnya bisa menyebabkan reaksi insulin di dalam tubuh.

Apabila minuman jenis ini seiring dengan berjalannya waktu, secara terus-menerus dikonsumsi, maka hati-hati saja karena bisa menyebabkan terjadinya resiko diabetes atau resistensi insulin. Jika memang ingin, boleh, tapi jangan terlalu keseringan.

2. Mengandung Bahan-bahan yang Berbahaya

Hampir di 10% minuman bersoda yang tersebar di pasaran, ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya yang terlarang, contohnya seperti Brominated Vegetable Oil (BVO).

BVO merupakan complex-mixture dari trigliserida di tanaman jagung atau kedelai, yang memiliki reaksi dengan atom bromin. Mengapa bisa BVO ditambahkan ke dalam minuman bersoda?

BVO ditambahkan pada minuman yang pada umumnya mempunyai flavor sitrus seperti halnya lemon, jeruk, jeruk nipis, dan lain sebagainya, sebagai suatu agen pengemulsi, sehingga tak terjadi pemisahan flavor, selama proses pengolahan berlangsung.

Lantas, mengapa BVO ini berbahaya untuk kesehatan? Karena kandungan utama BVO merupakan bromin. Bromin mempunyai sifat racun dan tergolong zat kimia korosif. Bromin menjadi komponen yang mampu menyebabkan terjadinya kerusakan pada sistem organ.

Beberapa dampak atau efek yang timbul jika mengonsumsi BVO dalam jangka panjang ialah :
  • Sakit kepala
  • Keseimbangan tubuh yang menurun
  • Kehilangan memori
  • Keoptimalan fungsi tiroid menjadi menurun
  • Meningkatkan resiko kanker payudara
  • Kehilangan kemampuan koordinasi gerak

Jadi, menurut dari Food and Drug Administration (FDA), penggunaan dari BVO masih diperbolehkan dan tergolong aman sebagai food additive dengan batas penggunaan maksimal 15 ppm.

3. Mengakibatkan Sakit Kepala

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin kedua jika minuman bersoda mengandung BVO yang berbahaya apabila masuk dikonsumsi ke dalam tubuh.

Akibat yang bisa timbul dalam jangka panjang seperti terjadinya sakit kepala. Ternyata, sakit kepala juga tidak hanya terjadi karena depresi atau stres saja, ternyata juga bisa timbul dari minuman bersoda.

4. Mengakibatkan Terjadinya Masalah Reproduksi

Tahukah Anda jika ternyata, kaleng yang sering dipergunakan sebagai wadah minuman bersoda ini dilapisi dengan menggunakan endocrine disruptor bisphenol A (BPA).

Mengapa? Karena BPA ini seringkali dikaitkan dengan beberapa masalah penyakit, seperti menjadi pemicu atau penyebab penyakit jantung, obesitas, atau bahkan hingga terjadinya masalah reproduksi.

5. Tak Mengandung Nilai Gizi

Tidak hanya mempunyai beragam efek berbahaya, ternyata soda juga sama sekali tak mempunyai nilai gizi di dalamnya. Soda merupakan zat alami yang merugikan tubuh karena gula, natrium dan kafeinnya.

Mengapa berbahaya dan merugikan? Karena kadar gula, natrium dan kafein di dalam minuman bersoda sangatlah tinggi, sehingga bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi kronis.

6. Pemicu Terjadinya Obesitas

Kandungan gula yang tinggi di dalam seporsi minuman soda, sama saja mengandung sebanyak sekitar 4 kali lipat gula dalam minuman manis yang lainnya. Hal ini tentu sangat berbahaya.

Karena, kalori yang diberikan berlebih di tubuh dan bisa memicu terjadinya obesitas, baik itu anak-anak ataupun bagi orang dewasa. Tidak hanya itu saja, minuman bersoda juga bisa membuat perut menjadi buncit. (Baca juga : Bahaya Minum Soda di Pagi Hari saat Perut Kosong)

7. Memicu Kerusakan Ginjal

Salah satu kelebihan dari minuman bersoda sehingga bisa membuat diri kita terpikat ialah dengan warna atau tampilan dari soda itu sendiri yang cukup menarik, terlebih apabila ditambah dengan es batu, maka akan sangat menyegarkan.

Akan tetapi, tahukah Anda apabila bahan pewarna minuman dalam minuman bersoda ternyata tidak baik atau malah buruk untuk ginjal? Pewarna yang tersedia itu bisa merusak ginjal apabila secara terus-menerus dikonsumsi.

8. Bisa Merusak Gigi

Hal yang harus diketahui dan dipahami lebih dalam, jika kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda bisa membuat gigi menjadi rusak, bahkan menjadi membusuk. Maka dari itu, disarankan untuk tak menggunakan sedotan saat meminum minuman yang bersoda.

Akan tetapi, tetap saja apabila sebelum masuk menuju tenggorokan, pasti minuman bersoda itu terlebih dahulu menyentuh gigi kan?

9. Tulang Menjadi Mudah Rapuh

Meminum minuman yang bersoda juga ternyata bisa membuat tulang menjadi mudah rapuh. Minuman bersoda ternyata di dalamnya terkandung asam fosfat, yang diam-diam bisa merapuhkan dan mengikiskan tulang.

Hal ini ternyata menjadi pemicu datangnya osteoporosis lebih cepat bisa menghampiri diri Anda dan nyatanya akan sangat mengganggu segala bentuk aktivitas atau kegiatan sehari-hari.

10. Menyebabkan Kecanduan

Minuman bersoda menjadi minuman yang bisa membuat diri kita menjadi kecanduan jika pertama kali mencobanya. Kita menjadi candu atau sangat ingin untuk minum minuman bersoda untuk menyegarkan diri, terlebih saat ada cuaca yang panas.

Selain itu, kandungan dari kafein yang bisa membuat kita melek juga mengundang untuk kembali lagi meminum minuman bersoda, guna menghilangkan rasa kantuk yang ada dari dalam diri.

11. Meningkatkan Produksi Urine

Dampak atau efek negatif dari minuman bersoda dalam pencernaan mineral dari dalam tubuh ialah bisa meningkatkan produksi urine, yang mana bisa membuat kita mengalami dehidrasi atau rasa haus.

Mineral yang sudah seharusnya bisa diserap oleh tubuh, malah diolah menjadi urine dan mau tidak mau harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Maka dari itu, guna menghilangkan rasa haus, jangan malah minum minuman yang bersoda, karena malah bisa memberi efek haus yang berlebih.

Alangkah baiknya lebih baik meminum air mineral, sehingga suhu tubuh tetap terjaga dan tak mudah mengalami dehidrasi saat sedang melakukan aktivitas atau berkegiatan sehari-hari.

12. Memicu Terjadinya Rasa Cemas

Seiring dengan kurang tidur, kecemasan juga menjadi efek samping dari terlalu banyak mengonsumsi kafein. Di setiap kaleng minuman bersoda, ternyata mengandung jumlah kafein yang sama dengan secangkir kopi yang kuat.

Hal ini terbukti juga sangat adiktif, sehingga apabila Anda memutuskan untuk mengurangi dosisnya, Anda malah nantinya mungkin mengalami sakit kepala, menjadi sosok yang mudah tersinggung, lebih cepat lelah atau bahkan mengalami depresi.

Bahkan, rasa cemas atau depresi juga kian menjadi apabila Anda nekat untuk meminum minuman soda saat haid melanda. Hati-hati!

13. Mengalami Masalah Kulit

Minum minuman bersoda setiap hari memiliki dampak yang sama terhadap kulit Anda, seperti halnya dengan merokok. Mengkonsumsi soda mempunyai efek inflamasi di dalam tubuh, karena kandungan atau kadar gula yang begitu tinggi.

Dengan kadar gula yang begitu tinggi, bisa membuat dehidrasi kulit, sehingga bisa menekankan terjadinya garis-garis halus dan keriput.

Hal ini tentunya mempercepat terjadinya penuaan kulit, membuatnya lebih kendor dan kusam. Bahkan, tidak hanya itu saja, bisa membesarkan eksim, menjadi kering, gatal, kulit yang meradang, hingga menimbulkan jerawat.

14. Memicu Depresi

Berdasarkan dari suatu studi yang berhasil dipresentasikan di American Academy of Neurology, menemukan adanya fakta jika mereka yang minum soda lebih dari sebanyak 4 gelas atau kaleng soda tiap hari, mungkin akan mengalami depresi klinis hingga 30%, dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum minuman bersoda.

15. Menyebabkan Terjadinya Penyakit Jantung

Menurut dari suatu studi yang diterbitkan oleh American Heart Association, meminum sebanyak 1 kaleng soda dalam sehari, dikaitkan dengan 48% terjadinya peningkatan resiko sindrom metabolik, seperti halnya penyakit jantung, kolesterol tinggi dan juga terjadi diabetes. (Baca juga : Wajib Tahu! Bahaya Minum Soda Setelah Minum Obat)

16. Meningkatkan Resiko Kanker Pankreas

Di dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan dari minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu munculnya kanker pankreas. Di dalam penelitian tersebut, ada sebanyak 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari ternyata mengalami peningkatan resiko kanker pankreas.

Penelitian yang dilakukan terhadap 60.524 responden selama 14 tahun. Hasilnya, sebanyak 87% mengalami resiko kanker pankreas yang mana terlihat dari tanda-tanda atau gejala yang terjadi.

17. Terjadi Penuaan Dini

Asam yang terkandung dalam minuman soda bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini secara lebih cepat, sehingga bisa membuat kulit menjadi cepat keriput bahkan saat masih muda.

Bagi Anda terutama wanita yang ingin kulit mulus, bersih, sehat, alangkah baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda mulai dari sekarang.

Rekomendasi artikel :

Cara Mengatasi Bahaya Minuman Bersoda

Minuman Bersoda
Minuman Bersoda, via indianexpress.com

Minum dengan Cepat

Jangan pernah biarkan minuman bersoda hinggap terlalu lama di gigi. Setelah meminumnya, usahakan untuk berkumur dengan air biasa, untuk menghilangkan sisa-sisa dari kandungan asam dan gula yang memiliki potensi merusak gigi.

Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Meminum Minuman Soda

Kandungan asam yang ada pada minuman bersoda tentunya akan langsung bereaksi terhadap gigi. Untuk keadaan ini, gesekan yang terjadi dari sikat gigi yang mengenai gigi, justru bisa memperburuk keadaan. Tunggu sekitar 30 hingga 60 menit setelah minum, barulah menyikat gigi.

Hindari Minuman Bersoda Sebelum Tidur

Kandungan asam dan gula yang ada di dalamnya bisa lebih leluasa menggerogoti gigi semalaman. Tidak hanya itu saja, penimbunan glukosa dalam darah juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati! 17 Bahaya Minum Soda Setiap Hari"

Posting Komentar