Mengerikan! 17 Fakta Tentang Minuman Bersoda bagi Kesehatan

Minuman soda (bersoda) biasanya menjadi salah satu pilihan apik bagi kebanyakan orang untuk mengusir rasa haus dan lelah yang melanda. Rasa yang begitu menyegarkan menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan orang meminum minuman ini.

Sensasi yang juga bisa membuat semangat seketika menjadi naik juga menjadi faktornya. Tidak hanya itu saja, minuman bersoda juga begitu enak diminum di berbagai macam keadaan apapun, di manapun dan bersama siapapun, sehingga membuat minuman ini begitu favorit di berbagai kalangan usia.

Akan tetapi, dari berbagai macam segarnya minuman bersoda tersebut, ternyata ada beberapa fakta tentang minuman bersoda yang harus Anda ketahui sekarang juga! Penasaran?

Fakta Tentang Minuman Bersoda

Fakta Tentang Minuman Bersoda
Fakta Tentang Minuman Bersoda, via geniuspundit.com

1. Kandungan Gula yang Sangat Tinggi

Minuman bersoda memang begitu menyegarkan dan bisa menghilangkan rasa haus yang tengah kamu rasakan. Akan tetapi, jangan lupa juga jika ternyata minuman ini mengandung gula yang begitu tinggi.

Kandungan gula yang begitu tinggi tentu bukanlah hal yang positif, melainkan mampu memberikan dampak negatif bagi tubuh yang begitu berbahaya pada beberapa waktu yang akan datang, salah satunya menyebabkan resiko terjadi diabetes.

Kurang lebih, di dalam sekaleng soda yang berukuran 375 ml, terdapat sebanyak 5 sendok makan gula yang ada di dalamnya. (Baca juga : Ngeri! Bahaya Minum Soda Setelah Makan Mie Instan)

Itu sebabnya, apabila kamu atau anggota keluarga kamu atau teman kamu mengidap diabetes, minuman bersoda menjadi minuman paling utama yang harus dihindari sedini mungkin.

2. Mampu Menyebabkan Obesitas

Seperti yang telah tertera di poin pertama jika minuman bersoda mengandung begitu banyak gula di dalamnya, inilah yang menjadi akibat dari gula yang berlebih, bisa menyebabkan obesitas (kelebihan berat badan).

Kenapa di sini ditekankan banyak gula? Ya, karena gula yang terkandung di dalam minuman bersoda jauh lebih banyak dibandingkan dengan minuman manis pada umumnya.

Kandungan gula yang ada di dalam minuman bersoda inilah, yang selanjutnya akan menjadi kalori berlebih di tubuh dan diserap oleh tubuh. Maka, terjadilah obesitas.

3. Bisa Menyebabkan Diabetes

Tidak hanya bisa menyebabkan obesitas saja, minuman bersoda juga bisa menyebabkan terjadinya diabetes.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, salah satu penyebab seseorang bisa terkena diabetes ialah karena kandungan gula yang terlampau tinggi di dalam tubuh.

Nah, karena minuman bersoda ini mengandung gula yang begitu tinggi dibandingkan dari minuman manis pada umumnya, tidak hanya obesitas saja, melainkan orang tersebut rentan mengalami diabetes.

4. Mampu Meningkatkan Tekanan Darah

Minuman bersoda bisa membuat obesitas (berat badan berlebih), yang pada akhirnya bisa menjadi salah satu penyebab seseorang tersebut mengalami tekanan darah tinggi.

Perlu diketahui, jumlah oksigen dan nutrisi yang dialirkan dalam darah diukur dengan berdasar dari berat badan.

Saat seseorang mempunyai berat badan yang berlebih, maka oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga menjadi meningkat dan bahkan bisa melebihi dari jumlah yang sudah seharusnya.

Kondisi inilah yang bisa membuat terjadinya peningkatan volume darah. Saat volume darah meningkat, secara otomatis tekanan darah juga akan meningkat.

5. Tulang Menjadi Keropos

Osteoporosis
Osteoporosis, via hartkeisonline.com

Fakta tentang minuman bersoda yang kelima ialah minuman soda ini bisa menyebabkan tulang menjadi keropos. Apa penyebabnya? Asam fosfat.

Asam fosfat menyebabkan penyerapan kalsium di dalam tubuh menjadi lebih terhambat, sehingga secara perlahan namun pasti, bisa menyebabkan terjadinya tulang yang kekurangan kalsium dan pada akhirnya menjadi lebih cepat keropos.

6. Mampu Membuat  Gigi Rusak

Tidak hanya mengandung asam fosfat saja di dalamnya, minuman bersoda juga ternyata mengandung asam sitrat.

Jika asam fosfat bisa membuat tubuh lebih susah dalam menyerap kalsium, maka asam sitrat ini bisa membuat enamel gigi menjadi lebih mudah rusak dan pada akhirnya bisa membuat gigi menjadi berlubang.

Bahkan, kebanyakan dewasa ini, banyak juga ditemui orang dewasa yang mengeluhkan gigi goyang, yang bisa diakibatkan oleh keseringan minum minuman bersoda.

7. Jika Meminum Sekaligus, Bisa Membuat Cegukan

Minuman bersoda dibuat dengan menambah karbondioksida dalam tekanannya, di mana proses ini bisa menghasilkan air yang mengandung asam lemah, asam berkarbon.

Apabila ditenggak sekaligus, bisa menyebabkan Anda menjadi cegukan atau bahkan sembelit.

8. Bisa Menyebabkan Insomnia

Aspartam yang ternyata hadir di dalam minuman bersoda, di mana bahan kimia ini sangat berbahaya bagi tubuh.

Bahan kimia yang satu ini diungkap menjadi salah satu penyebab terjadinya insomnia, depresi, hingga gangguan neurologis.

9. Bahkan Sebabkan Kecanduan

Seperti yang sudah dibayangkan dari iklan yang merajalela jika soda seperti cocok penghilang dahaga layaknya air mineral, membuat yang mengonsumsi lebih candu dengan minuman bersoda.

Alih-alih untuk membangkitkan semangat diri, namun malah bisa membuat kecanduan. Hal ini dikarenakan di dalamnya terkandung bahan adiktif dan tak sehat bagi tubuh.

Rekomendasi artikel :

10. Mampu Sebabkan Asam Urat

Menyebabkan Asam Urat
Menyebabkan Asam Urat, via hellosehat.com

Fakta tentang minuman bersoda yang ke-10 ternyata juga banyak penelitian yang mengungkap terlalu banyak minum soda bisa menyebabkan terjadinya asam urat.

Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan fruktosa yang ada di dalamnya. Fruktosa ini bisa memperburuk kadar asam urat.

11. Bisa Mempengaruhi Reproduksi

Pada umumnya, minuman soda mengandung bahan kimia tertentu yang ternyata bisa mempengaruhi sistem endokrin.

Tidak hanya itu saja, karena memang di dalamnya terkandung bahan kimia tertentu, minuman soda juga bisa mempengaruhi kebugaran reproduksi dalam waktu jangka panjang.

12. Menyebabkan Gagal Jantung

Penelitian yang dilakukan mengklaim jika pria yang terlampau banyak dalam minum minuman bersoda, beresiko tinggi terkena gagal jantung hingga sebesar 20%!

Hal ini terjadi karena adanya pemanis buatan yang ada di dalam minuman tersebut, yang tak hanya membuat obesitas dan diabetes saja, melainkan juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya masalah jantung.

13. Ginjal Menjadi Bermasalah

Minuman sekarang ini hampir lebih condong banyak efek negatifnya. Di dalam soda sekalipun, memiliki lebih banyak efek negatif ketimbang positifnya.

Apabila seseorang mengonsumsi minuman bersoda dengan rutin, bisa menyebabkan terjadinya masalah pada ginjal. Hal ini karena tingkat fruktosa di dalam minuman bersoda. (Baca juga : Hati-hati! 17 Bahaya Minum Soda Setiap Hari)

14. Merusak Mineral Penting dalam Tubuh

Softdrink atau minuman bersoda terbuat dari air murni yang juga ternyata bisa menghancurkan mineral-mineral penting yang ada pada tubuh.

Kekurangan mineral secara serius inilah yang bisa menyebabkan terjadinya :
  • Penyakit jantung, akibat kekurangan magnesium
  • Osteoporosis, akibat kekurangan kalsium
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

15. Ternyata, Tak Mampu Menghilangkan Rasa Haus!

Tidak Bisa Menghilangkan Haus
Tidak Bisa Menghilangkan Haus, via shopback.co.id

Fakta tentang minuman bersoda yang ke-15, minuman bersoda yang sesuai rumor atau iklan yang beredar bisa membuat haus teratasi, ternyata itu semua tidak benar!

Mminuman bersoda bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh. Jika diisi terus-menerus, bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi seluler kronis, suatu kondisi di mana mampu melemahkan tubuh di tingkat yang serius. (Baca juga : Bukan Mitos! 7 Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga)

16. Membuat Tubuh Rentan Terhadap Penyakit

Tubuh manusia diciptakan memiliki batasannya tertentu, dengan maksimal pH (derajat keasamaan) ialah 7,0.

Hampir di semua minuman bersoda tersebut ternyata mengandung pH sebesar 2,5. Apa dampaknya?

Yang paling utama, tubuh menjadi lebih mudah terserang oleh berbagai macam penyakit, di mana hal yang paling ditakutkan terjadinya penyakit kronis seperti arthritis atau bahkan kanker.

17. Merusak Otak Juga, Lho!

Fakta tentang minuman bersoda yang terakhir, ternyata bisa merusak otak.

Karena memang pada faktanya, banyak sekali zat yang terkandung di dalam minuman bersoda, di mana kali ini merupakan kafein.

Kafein yang dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan kecanduan dan apabila berkepanjangan, berbahaya bagi otak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengerikan! 17 Fakta Tentang Minuman Bersoda bagi Kesehatan"

Posting Komentar