Terlalu Beresiko! 5 Bahaya Ibu Hamil Tidur Tengkurap

Tak semua ibu hamil bisa memposisikan tidur dengan nyenyak dalam posisi tidur yang aman dan nyaman. Sayangnya, saat hamil, posisi tidur tak sebebas saat sedang tidak hamil.

Salah satu diantara beberapa posisi tidur yang biasanya menjadi kebiasaan dari seseorang, termasuk juga ibu hamil, adalah posisi tidur tengkurap. Posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur dengan cara menempatkan perut di bagian bawa atau bagian depan perut yang bersentuhan secara langsung dengan alas tidur tersebut.

Posisi tidur memang menjadi perhatian tersendiri untuk ibu hamil. Akan tetapi, apa yang akan terjadi apabila tidur tengkurap saat hamil?

Bahaya Ibu Hamil Tidur Tengkurap

Bahaya Ibu Hamil Tidur Tengkurap
Bahaya Ibu Hamil Tidur Tengkurap, via hellosehat.com

1. Terjadi Sesak Napas

Tidur tengkurap saat hamil bisa menjadi penyebab ibu hamil merasa lebih sulit untuk bernapas, dibandingkan dengan harus tidur telentang atau menyamping.

Hal ini bisa terjadi karena perut ibu hamil cenderung mendorong ke bawah dan menempatkan usus, paru-paru dan organ tubuh yang lain berdempetan satu sama lainnya.

Bisa dikatakan jika tidur tengkurap sama sekali tidak dianjurkan untuk kehamilan usia muda, maupun usia tua.

2. Gangguan pada Janin

Asupan oksigen dan nutrisi tak akan tersalurkan dengan baik apabila ibu hamil memiliki posisi tidur yang tengkurap.

Darah yang mengalirkan oksigen pada vena ibu hamil menjadi tersendat atau malah bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya keguguran setelahnya.

3. Janin Menjadi Tergencet atau Tertindih

Saat ibu hamil merasa terdapat tekanan yang lebih besar, hal tersebut menjadi pertanda jika janin sedang terhimpit atau tergencet, yang mana mampu mengancam keselamatan janin itu sendiri.

Hal tersebut bisa dengan mudah terjadi semenjak hamil muda ataupun hamil tua.

4. Membuat Bayi Sulit untuk Bergerak

Walaupun saat trimester pertama sang ibu hamil sudah merasakan hal tersebut, maka alangkah baiknya untuk segera menghindari tidur dengan posisi yang tengkurap.

Karena jika ibu hamil tersebut memaksa untuk melakukannya, bisa menyebabkan janin yang sudah berbentuk bayi tak bisa bergerak di dalam rahim. Tentu, secara otomatis, hal tersebut bisa membahayakan kesehatan janin.

5. Terjadi Komplikasi

Apabila ibu hamil tetap memaksakan tidur dengan posisi yang tengkurap, maka bisa mengalami komplikasi, seperti halnya :
  • Pencernaan yang buruk dan tekanan pernapasan yang sangat berat, sehingga bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan akan oksigen
  • Pengaruh oksigen yang mengalir menuju jantung melalui pembuluh vena

Baca juga :

Tips Tidur saat Hamil

Tips Tidur saat Hamil
Tips tidur saat hamil, via spreishop.com

Salah satu posisi terbaik untuk tidur pada masa kehamilan ialah tidur dengan menyamping. Dengan tidur menyamping, ibu hamil bisa memastikan pasokan darah dan nutrisi bagi bayi tetap maksimal, sehingga bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika ibu hamil masih saja kesulitan untuk menemukan posisi yang pas untuk tidur, berikut ini ada beberapa tips :
  • Gunakan bantal dan guling untuk membuat merasa lebih nyaman, tempatkan di mana saja yang penting bisa merasa nyaman
  • Cobalah untuk menenangkan diri selama beberapa waktu sebelum tidur. Bersantai dan bersihkan diri dengan air agar bisa memberikan efek rileks pada tubuh
  • Putar musik yang santai dan menenangkan
  • Bisa dengan mandi air hangat selama beberapa menit sebelum tidur. Mandi air hangat memiliki fungsi dalam mengendurkan otot dan membantu menenangkan saraf yang lelah, sehingga bisa membantu ibu hamil untuk tidur dengan baik
  • Meminta pasangan untuk memijat tubuh dengan ringan
  • Tidur sesuai jadwal rutin tertentu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terlalu Beresiko! 5 Bahaya Ibu Hamil Tidur Tengkurap"

Posting Komentar