Bukan Mitos! 7 Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga

Minuman bersoda (berkarbonasi) memang memiliki rasa yang sangat segar dan enak, terlebih apabila minuman yang satu ini disajikan di kala dingin.

Saking segarnya, bahkan cukup banyak atlet professional yang gemar meminum soda saat atau setelah olahraga. Masalahnya, karena memang kebanyakan minuman energi saat ini berkarbonasi. Jadi, ibarat kata seperti sah-sah saja untuk atlet atau orang yang gemar olahraga meminum soda saat olahraga.

Akan tetapi, apa memang benar aman jika Anda mengonsumsi minuman bersoda, sebelum, setelah atau bahkan saat berolahraga? Atau malah, ternyata kebiasaan ini justru buruk dan beresiko terhadap kesehatan?

Efek/Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga

Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga
Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga, via reportshealthcare.com

1. Tak Mampu Mengganti Elektrolit dan Mineral yang Telah Hilang

Berbeda dengan air putih atau air mineral yang biasa, minuman bersoda tidak mengandung elektrolit dan mineral yang cukup di dalamnya. Padahal, sebelum melakukan olahraga, tubuh harus bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Maka dari itu, tentu Anda butuh asupan elektrolit dan mineral yang cukup, sehingga Anda tidak kekurangan cairan.

Begitu juga setelah berolahraga, tubuh tentu sudah kehilangan begitu banyak elektrolit dan mineral. Maka, minum soda sama sekali tak akan pernah bisa menggantikan keduanya, sehingga Anda lebih rentan untuk mengalami dehidrasi.

2. Kadar Gula yang Tinggi

Di dalam sekaleng minuman bersoda, Anda bisa mendapat kira-kira sebanyak 35 gram gula. Jikalau Anda meminumnya saat olahraga, kadar gula di dalam darah Anda akan langsung melonjak.

Akan tetapi, karena Anda berolahraga dan gula langsung diubah menjadi bentuk energi, maka tubuh bisa langsung mempergunakan hampir seluruh gula di dalam darah, sehingga setelah olahraga, gula darah Anda juga malah bisa turun drastis.

Gula darah juga bisa langsung turun, karena setelah Anda minum soda yang tinggi akan kandungan gula, hormon insulin juga diproduksi lebih banyak di dalam tubuh.

Hormon insulin inilah yang akan bekerja mencerna gula. Akibatnya, gula darah menjadi rendah dan terjadi kondisi yang disebut dengan nama hipoglikemia.

3. Menurunkan Performa Olahraga

Meminum minuman yang bersoda setelah olahraga hanya akan membuat perut menjadi kembung. Apabila mengonsumsi minuman soda terlalu banyak, maka hal tersebut mampu memicu timbulnya produksi gas secara berlebih di lambung.

Pada akhirnya, bisa menyebabkan terjadi kembung. Saat perut terasa kembung, maka performa saat melakukan olahraga menjadi menurun. Tidak hanya mengenai performa saja, melainkan konsentrasi juga terganggu saat olahraga, sehingga kita bisa rentan terkena oleh cidera. (Baca juga : Waduh! Bahaya Minum Soda di Pagi Hari (saat Perut Kosong))

4. Mampu Menambah Berat Badan

Olahraga menjadi salah satu aktivitas atau kegiatan yang bisa mengontrol berat badan, namun apabila Anda malah mengonsumsi minuman bersoda setelah berolahraga, itu beda cerita.

Jika Anda mengonsumsi minuman bersoda setelah olahraga, bahkan dalam jumlah yang besar, hal ini mampu memberikan efek pada bertambahnya berat badan. Pada umumnya, memang benar jika minuman bersoda terkandung kalori yang tinggi.

Jika dengan berolahraga kita bisa membakar sebanyak 250 kalori, maka dengan minuman bersoda malah bisa menambah kalori tambahan sebesar 300 kalori, sehingga melakukan olahraga hingga lelah pun menjadi sia-sia.

5. Mengurangi Kadar Gula Darah

Mengonsumsi minuman bersoda setelah olahraga, ternyata benar bisa menurunkan kadar gula darah. Dalam minuman bersoda, pada umumnya benar juga terkandung gula yang amat tinggi.

Sehingga, apabila kita dalam kondisi atau keadaan yang lelah, setelah itu mengonsumsi minuman yang bersoda dengan mengandung gula kadar tinggi, maka energi di dalam tubuh kembali, namun hanya sementara saja.

Karena, saat tubuh mengalami peningkatan gula yang drastis, selanjutnya dibutuhkan energi yang tetap meningkat, maka tubuh akan menanggapi atau merespon dengan cepat, caranya mengambil lebih banyak gula lagi.

Pada akhirnya, penyerapan gula dalam tubuh pun menjadi meningkat dengan tajam dan berefek kadar gula darah menjadi rendah karena tubuh terus-terusan menyerap gula.

6. Lebih Mudah Haus

Tidak hanya membuat kadar gula darah menjadi tak stabil, dengan minuman bersoda yang tinggi akan kandungan gula juga bisa membuat Anda lebih mudah haus. Masalahnya, total karbohidrat gula dalam minuman bersoda sangat pekat, yakni 11% hingga 13%.

Karena kadar gula yang begitu pekat masuk ke dalam tubuh, maka secara otomatis tubuh menjadi kesulitan dalam menyerap cairan. Akibatnya, walau Anda sudah meminum begitu banyak soda, namun Anda masih tetap saja mengalami rasa haus.

7. Membuat Gangguan Pencernaan Terganggu

Minuman bersoda tak baik untuk sistem pencernaan tubuh. Bisa dibayangkan apabila pencernaan terganggu, maka performa Anda tentu akan menurun drastis saat melakukan olahraga.

Minuman soda sendiri juga diketahui mampu memicu terjadinya perut kembung karena gas dan gangguan refluks asam lambung (GERD).

Hal ini dikarenakan di dalam sistem pencernaan Anda, karbonasi dan kafein yang bersifat asam. Tidak hanya itu saja, gas dari karbonasi minuman bersoda juga mampu menambah tekanan pada lambung dan Anda bisa mengalami sakit perut atau kembung.

Rekomendasi artikel :

Gaya Hidup yang Mampu Menimbulkan Diabetes

Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga
Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga, via shared.com

Tanpa disadari, gaya hidup yang demikian bisa menimbulkan terjadinya diabetes. Saat olahraga, tubuh memang benar membutuhkan minuman yang menyegarkan. Minuman bersoda memang bisa dijadikan pilihan.

Akan tetapi, boleh saja sesekali dalam sebelun dan jangan biasakan meminumnya setiap hari, bahaya! Apabila dibiasakan, maka bisa menjadi diabetes.

Soda itu Pahit, Tapi...

Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga
Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga, via medicalnewstoday.com

Minuman soda sendiri mengandung gas yang disebut dengan nama natrium karbonat. Pada dasarnya, rasa yang terkandung itu pahit.

Maka dari itu, diberikan begitu banyak gula agar bisa menetralisir rasa pahit tersebut, sehingga menjadi manis. Minuman ini memang mampu melegakan apabila diminum, terlebih saat sedang haus setelah berlahraga.

Pertimbangkan apabila Anda hendak meminum soda. Karena, sama sekali tak ada manfaat untuk kesehatan, terutama apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Jadi, Apa yang Boleh Diminum Setelah Olahraga?

Air Putih
Air Putih, via vebma.com

Jika memang Anda ngotot mencari minuman segar terbaik untuk berolahraga, maka yang masih menjadi pilihan paling baik saat ini ialah air putih atau air mineral, karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang tanpa efek samping yang bisa membahayakan tubuh.

Apabila air putih tersebut kurang nikmat, Anda bisa menambahkan beberapa potongan lemon, daun mint atau bahkan timun di dalam air minum Anda.

Lemon, timun dan daun mint dipercaya mampu menambah asupan karbohidrat kompleks yang begitu baik dalam menambah energi, tanpa Anda sendiri harus cemas dengan gula darah yang naik dan turun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Mitos! 7 Bahaya Minum Soda Setelah Olahraga"

Posting Komentar