Menyehatkan! 13 Manfaat Minum Air Putih untuk Anak

Sebagaimana yang sudah kita ketahui sebelumnya, jika tubuh manusia terdiri atas sebagian besar cairan.

Cairan tubuh yang inilah memiliki peran penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi darah, produksi air ludah yang cukup, hingga bisa dalam mempertahankan suhu tubuh.

Dewasa ini, tak sedikit orang tua yang jauh melupakan akan manfaat minum air putih, karena sering termakan oleh rayuan iklan susu formula. Merasa cukup aman, dengan hanya memberi susu formula, tanpa diimbangi oleh asupan air putih yang cukup untuk anak-anaknya.

Kebutuhan cairan untuk anak usia 4 hingga 8 tahun (1,6 liter atau 6-7 gelas setiap hari) dan untuk kebutuhan anak usia 9 tahun ke atas (cairan setara dengan orang dewasa, 2 liter atau 8 gelas setiap hari).

Setelah mengetahui hal tersebut, mari kita menyimak lebih dalam apa saja manfaat minum air putih untuk anak.

Manfaat Minum Air Putih untuk Anak

Manfaat Minum Air Putih untuk Anak
Manfaat Minum Air Putih untuk Anak, via lightworkers.com

1. Mengurangi Terjadinya Sembelit

Dengan memberikan air putih yang cukup, terutama pada saat pagi hari, bisa membantu dalam melancarkan proses pencernaan dan membuat feses menjadi tak keras, sehingga proses buang air besar bisa berjalan dengan lancar.

2. Kesehatan Fisik dan Mental sang Anak Terjaga dengan Baik

Air menjadi komponen paling utama dalam menyusun darah, di mana berfungsi dalam membawa oksigen dan nutrisi untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Selain itu, juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Air juga menjadi salah satu penyusun cairan limfa di dalam sistem peredaran getah bening, yang begitu penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Air juga menjaga sistem saraf pusat, seperti halnya sumsum tulang belakang dan organ-organ vital yang lainnya. Memberikan minum yang cukup untuk anak juga berdampak secara langsung terhadap kesehatan anak.

3. Mencerdaskan Anak

Dengan meminum air putih yang cukup juga berdampak terhadap daya konsentrasi dan mampu meningkatkan kinerja otak dari siapapun, terutama si anak.

Hal ini bisa terjadi karena air menjadi komponen yang penting dalam pembetuk darah, di mana mampu menyampaikan oksigen dan nutrisi penting yang lain di otak.

4. Merelaksasikan Otot

Merelaksasikan Otot
Merelaksasikan Otot, via pedhealth.blogspot.com

Air putih juga sangat bermanfaat dalam membantu relaksasi otot, sehingga bisa berkontraksi dengan sangat baik.

Hal ini dikarenakan di dalam air putih terkandung magnesium, di mana dengan demikian bisa membuat otot anak menjadi jauh lebih kuat dan fleksibel.

5. Badan Lebih Bugar dan Sehat

Manfaat minum air putih untuk anak yang selanjutnya mampu membuat kesehatan anak secara fisik jauh lebih bugar, energik dan tak mudah lesu.

Karena kekuatan dari air putih yang membantu anak untuk jauh lebih bersemangat dan tenaga yang dimiliki jauh lebih kuat.

6. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, jika manfaat dari minum air putih untuk kesehatan anak bisa meningkatkan daya konsentrasi lebih tinggi.

Air putih akan membantu dalam menjaga sirkulasi darah menuju ke otak menjadi jauh lebih baik, di mana mempunyai dampak positif pada fungsi kognitif dan daya konsentrasi anak yang jauh lebih baik.

7. Menyehatkan Gigi dan Mulut Anak

Ternyata, manfaat dari minum air putih juga bisa menyehatkan mulut serta gigi, karena di dalam air putih sama sekali bebas dari kandungan gula, pemanis dan zat perasa yang lain yang bisa menjadi penyebab kerusakan gigi pada anak.

Selain bisa menyehatkan gigi, air putih juga membantu dalam membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan atau minuman yang mengendap di dalam mulut dan menempel di gigi.

8. Menjaga Tekanan Darah

Anak-anak yang Bahagia
Anak-anak yang Bahagia, via wonderparenting.com

Dengan mencukupi kebutuhan harian air putih setiap hari, berguna dalam membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Hal ini dikarenakan pada air putih, mengandung cukup magnesium yang terbukti mampu dalam menjaga tekanan darah tubuh tetap dalam keadaan yang normal.

9. Menyehatkan Kulit

Tak hanya menyehatkan jantung saja karena berguna dalam menjaga tekanan darah, di mana ternyata juga bisa menyehatkan kulit.

Dengan meminum air putih yang cukup juga bisa membantu kulit si anak tetap sehat, karena bisa membantu melembabkan dan melenturkan kulit si anak.

10. Menjaga Berat Badan

Tak banyak yang tahu jika air putih ternyata begitu baik dalam menjaga berat badan tubuh. Menurut dari Steven Guest, MD, yang merupakan asisten profesor kedokteran Stanford University, air putih sama sekali tak mengandung kalori.

Sehingga, sebanyak apapun asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh, tak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Justru dengan air putih mampu membuat perut lebih kenyang, sehingga anak tak perlu untuk makan secara berlebih.

11. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Memang benar di dalam tubuh kebanyakan terdiri atas air, sehingga jika kurang cukup mengonsumsi air putih, bisa langsung mengganggu sistem tubuh.

Cairan tubuh mempunyai peranan yang amat penting dalam membantu melancarkan proses pencernaan, menyerap nutrisi, bermanfaat dalam peredaran darah, membantu proses produksi air liur dan menjaga suhu tubuh tetap terjaga.

Artikel terkait :

12. Mencegah Kerusakan Gigi pada Anak 

Menyehatkan Gigi dan Mulut
Menyehatkan Gigi dan Mulut, via medicalnewsbulletin.com

Air putih memang menjadi minuman menyegarkan, selain itu juga bebas dari gula serta soda yang bisa menempel pada gigi sang anak.

Menurut dari American Dental Association, fluoridasi dari air mampu membantu dalam mengurangi terjadinya kerusakan gigi, sebesar 20% hingga 40%.

13. Membuat Anak Lincah dalam Bergerak

Air mempunyai fungsi sebagai pelumas, di mana menjaga lubrikasi dan bantalan persendian.

Kurang minum mampu menimbulkan lesu pada anak, sehingga bisa membuat anak mudah lemas dan pada akhirnya malas dalam beraktivitas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyehatkan! 13 Manfaat Minum Air Putih untuk Anak"

Posting Komentar