Mengesankan! 16 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Air putih memang terbukti memiliki jutaan manfaat bagi kesehatan tubuh, jelas berbeda dengan minuman yang lain apalagi yang memiliki perasa.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, melainkan mengonsumsi air putih apalagi mencukupi kebutuhan harian 2 liter per hari, juga baik untuk kecantikan tubuh.

Air memang menjadi sumber kehidupan untuk semua makhluk hidup. Pasalnya, manusia juga terdiri atas 70% air untuk menopang tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

Sementara itu, ternyata juga ada berbagai macam manfaat minum air putih sebelum tidur bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur
Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, via kapanlagi.com

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Di dalam keadaan normal, tubuh manusia membutuhkan asupan cairan, minimal paling tidak 2 liter sehari. Tidak heran jika kekurangan air putih bisa membuat tubuh menjadi lemas.

Tidak hanya lemas saja, bahkan pusing, mudah terkena penyakit, kulit menjadi kering, dan masih banyak yang lain berdampak buruk bagi kesehatan apabila kekurangan cairan.

Dengan meminum air putih sebelum tidur, bisa menghancurkan zat-zat asing di dalam tubuh dan mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tetap terjaga dengan baik dan stabil.

2. Mampu Membersihkan Racun

Saat tidur, tubuh kita tentu beristirahat dan tak ketinggalan untuk regenerasi. Dengan segelas air putih hangat, mampu membantu dalam membuang racun yang dikeluarkan oleh tubuh di malam hari dengan air seni.

Semakin banyak buang air kecil, maka kian jernih juga warna air seni tersebut, di mana menjadi penanda jika tubuh kita sehat.

Sebaliknya, apabila buang air kecil yang dikeluarkan sedikit dan bahkan berbau menyengat dan berwarna keruh, ini menjadi sinyal atau pertanda buruk jika tengah terjadi penumpukan racun, di mana berujung pada berbagai macam penyakit.

3. Cadangan Energi yang Baik untuk Otak

Otak juga tentu membutuhkan cairan untuk bisa bekerja dengan efektif dan sebagaimana mestinya. Saat seluruh tubuh beristirahat, maka otak kadang masih aktif bekerja.

Maka dari itu, dibutuhkan adanya suplai air yang cukup dari dalam tubuh, sehingga bisa membuat fungsi syaraf otak bekerja dengan lancar.

4. Mampu Mengusir Jerawat

Kulit yang bersih nan sehat, bebas dari jerawat menjadi idaman bagi siapa saja, apalagi bagi wanita. Banyak memang obat jerawat yang beredar di pasaran, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal.

Jika wajah Anda berjerawat, janganlah khawatir! Dengan meminum segelas air putih hangat, mampu menghalau kuman penyebab jerawat dan infeksi kulit yang lainnya.

5. Menurunkan Berat Badan Tubuh

Manfaat minum air putih sebelum tidur yang ke-5 ini menjadi idaman banget bagi para wanita, mampu menurunkan berat badan

Perut menjadi lebih kenyang, di mana rasa lapar tak akan terasa selama kita tidur terlelap di malam hari. (Baca juga : 18 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong)

6. Tubuh Menjadi Lebih Segar

Tubuh Menjadi Lebih Segar dan Sehat
Tubuh Menjadi Lebih Segar dan Sehat, via tempo.co

Setelah beraktivitas atau berkegiatan sehari penuh, tentu tubuh menjadi lebih lemas dan mudah mengantuk, sehingga lebih enak dan nyaman untuk langsung tidur.

Dengan meminum air putih, maka bisa membuat tubuh menjadi lebih segar karena adanya cairan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga saat bangun tidur juga tidak lesu.

7. Mengembalikan Cairan yang Hilang

Setelah beraktivitas seharian penuh, tentu bisa membuat tubuh menjadi kekurangan akan cairan, yang bisa mengakibatkan terjadi berbagai macam kondisi yang tak mengenakkan bagi tubuh.

Dengan meminum air putih hangat, mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, agar tubuh kembali tetap segar dan terjaga.

8. Menjadikan Pelumas Sendi

Saat bangun tidur di pagi hari, otot leher, punggung, bahu dan kaki bisa saja terasa nyeri dan kaku yang membuat gerak tubuh menjadi tidak bebas.

Biasakan untuk meminum air putih hangat setiap malam, di mana mampu memperbaharui jaringan otot tubuh setiap harinya, di mana mampu membuat otot menjadi lemas dan lebih lentur, sehingga tak akan merasakan adanya rasa sakit, karena tubuh yang begitu kaku.

9. Memperlancar Proses Biologis Tubuh

Agar proses biologis di dalam tubuh bisa terus tetap berlangsung dengan baik, cobalah untuk meminum segelas air putih hangat 1 jam setiap hari menjelang tidur dan cobalah untuk rasakan perubahan yang tampak nyata saat bangun tidur di esok harinya.

10. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Saat di malam hari akan tidur, sebenarnya tubuh rentan terkena oleh dehidrasi. Nah, manfaat minum air putih sebelum tidur yang ke-10 ini mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi air putih apalagi air putih hangat, terasa begitu bermanfaat untuk mencegah dari adanya dehidrasi, sehingga tetap bugar dan tak lesu di saat bangun tidur.

11. Membakar Kalori dalam Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas, dengan mengonsumsi air putih malam hari sebelum tidur, begitu bermanfaat dalam menurunkan berat badan, karena bisa membakar adanya kalori di dalam tubuh.

Metabolisme tubuh juga bisa meningkat, jika melakukan hal ini bisa bermanfaat dalam membakar kalori secara ekstra. Jika kalori terbakar, maka berat badan juga akan turun.

12. Lebih Segar saat Bangun di Pagi Hari

Saat Bangun Pagi Hari, Tubuh Menjadi Lebih Segar
Saat Bangun Pagi Hari, Tubuh Menjadi Lebih Segar, via tempo.co

Meminum air putih hangat sebelum tidur begitu bermanfaat dalam membantu tubuh Anda menstabilkan suhu tubuh dan membantu proses pembentukan otot.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa menghindarkan adanya dehidrasi.

Sementara itu, dampak positif yang didapatkan lainnya juga merasa lebih fit dan fresh saat bangun tidur, sehingga tidak lesu saat bangun tidur.

13. Melindungi Saraf Tulang Belakang

Cairan tubuh yang cukup bisa membantu saraf tulang bekang tetap terpelihara dengan baik, karena telah dilakukan regenerasi pada tubuh di malam hari sesaat sebelum tidur.

14. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Ingin tetap terlihat cantik dari proses penuaan dini yang menyerang? Cobalah untuk konsumsi air putih hangat sebelum tidur.

Bagi kaum hawa, penuaan dini menjadi momok yang begitu menakutkan, bahkan sebagian besar wanita rela melakukan apa saja untuk menghindari hal tersebut.

Termasuk, salah satunya dengan melakukan berbagai macam perawatan yang tergolong mahal. Padahal, ada 1 cara menarik mencegah terjadinya penuaan dini yang begitu gampang, hanya dengan meminum segelas air putih hangat di malam hari sebelum tidur.

15. Melawan Sariawan dan Meredakan Radang Tenggorokan

Jika sedang merasa sariawan dan radang tenggorokan, tentunya hal yang paling menyebalkan dan menjengkelkan bukan? Mau makan tidak nyaman, bahkan saat tidur kepikiran.

Cobalah untuk minum air putih setiap hari. Radang tenggorokan juga bisa hilang atau sembuh dengan terapi yang satu ini.

16. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Agar tidak sampai terjadi dehidrasi dan kekeringan kulit, maka kelembaban harus dipertahankan. Dengan meminum segelas air putih sebelum tidur menjadi cara bagus untuk merawat kulit agar tak kusam dan kering.

Akan tetapi, ingat! Janganlah minum air putih terlalu banyak, agar nantinya tak mudah terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil.

Pilihan editor : 

Namun, Tidak Semua Orang Boleh Minum Air Putih Sebelum Tidur

Beberapa Orang yang Dilarang Minum Air Putih Sebelum Tidur
Beberapa Orang yang Dilarang Minum Air Putih Sebelum Tidur, via ibudanbalita.com

Ternyata, tidak semua orang diperbolehkan untuk meminum air putih sebelum tidur. Beberapa orang yang mengalami suatu kondisi tertentu, justru harus menghindari konsumsi air sebelum tidur karena justru bisa meningkatkan komplikasi dari penyakit.

Orang yang mengalami penyakit jantung atau gangguan dari fungsi ginjal, biasanya diatur asupan cairan tubuh, di mana untuk meminimalisir terjadinya resiko yang mungkin bisa saja terjadi.

Perlu diingat juga jika Anda minum air putih yang begitu banyak sebelum tidur juga bisa membuat tidur Anda menjadi terganggu oleh keinginan buang air kecil saat sedang tidur.

Untuk orang yang mempunyai keterbatasan dalam bergerak, tentu adanya hal tersebut bisa sedikit mengganggu karena harus bolak-balik ke kamar mandi, bahkan bisa lebih dari 1 kali dalam semalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengesankan! 16 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur"

Posting Komentar